RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Diperkuat Spiderwoman, Jateng Kawinkan Emas Speed Rally

Diperkuat Spiderwoman, Jateng Kawinkan Emas Speed Rally

8 Oktober 2021 10:37 WIB
Diperkuat Spiderwoman, Jateng Kawinkan Emas Speed Rally

KBRN, Mimika: Kontingen Panjat Tebing Jawa Tengah (Jateng), akhirnya meraih medali emas pertama dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Kamis (7/10/2021) Sore.

Tidak hanya satu, Jateng langsung mengawinkan medali emas putra dan putri kategori speed relay atau beregu speed, di Venue Sport Climbing Timika, di Kawasan SP2, Kelurahan Wanagon, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Kesuksesan Jateng tak lepas dari peran pasangan suami-istri, Alfian Muhammad Fajri dan Aries Susanti Rahayu.

Alfian Muhammad Fajri yang memimpin grup bersama Kiromal Katibin, dan Aditya Tri Syahria sukses mengungguli Jawa Timur (Jatim) di partai final.

Alfian dan kawan-kawan mencatatkan total waktu 17.366 detik untuk memastikan medali emas speed relay putra PON XX Papua 2021. Sedangkan medali perak jadi milik Rahmad Adi Mulyono, Rindi Sufriyanto dan Fatchur Roji dari Jawa Timur. Mereka meraih perak karena melakukan Falls di partai final.

Perunggu pada nomor speed world record relay beregu putra ini jadi milik DKI Jakarta yang dikapteni Aspar Jaelolo serta dua rekannya Zaenal Arifin dan Arya Arsyendi Putra.

Sedangkan, Spiderwoman Aries Susanti Rahayu bersama dengan Berthdigna Devi Surya Kusuma dan Agustina Sari mengalahkan wakil dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan catatan 25.244 detik.

Nurul Iqamah, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani utusan dari NTB meraih perak dengan catatan waktu 34,543 detik. Sementara perunggu diraih oleh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan catatan waktu 27,001. Mereka adalah Dyah Puspitaningtyas Rahmayuna Fadillah dan Sukma lintang Cahyani.

Kesuksesan ini membuat Ketua Umum Pengprov FPTI Jateng, Abdul Hamid, lega karena akhirnya kontingennya sukses pecah telur di kategori Speed.

Pasalnya, Jateng tak kunjung meraih medali emas sejak mengikuti pertandingan panjat tebing di PON XX Papua 2021, Klaster Mimika.

"Akhirnya penantian panjang kita kurang lebih selama 10 hari mengikuti pertandingan di Timika membuahkan hasil," ucap Abdul Hamid kepada RRI.co.id bersama wartawan lainnya, Kamis Petang.

"Dari awal kita belum pernah meraih medali emas. Di babak ini (Speed Relay) kita berhasil meraih dua medali emas dan ini adalah medali pertama emas bagi Jateng."

Target Jateng selanjutnya adalah merebut medali di kategori Combined yang akan berlangsung mulai besok Jumat (8/10/2021).

"Ini menjadi kebanggaan bagi kami, akhirnya pecah telur dua medali emas, dihari terakhir, target kita selanjutnya di Combined," ujarnya.

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meraih apa yang menjadi target kami," pungkasnya.

Pewarta: Arnold Saudila
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI