RRI

Medali Jabar, DKI, Jatim, Papua Bersaing Ketat

8 Oktober 2021 10:55 WIB
Medali Jabar, DKI, Jatim, Papua Bersaing Ketat

KBRN, Jayapura:   Tersisa 8 hari lagi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Persaingan perolehan medali semakin memanas.

Tercatat sejak Kamis malam (7/10/2021), empat kontingen, masing-masing Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur dan tuan rumah Papua, saling kejar mengejar perolehan medali lewat penampilan atlet-atlet terbaik mereka. Data laman resmi PON Papua sampai pukul 24.00 WIT atau 22.00 WIB menunjukkan Jawa Barat dua hari bertahan di urutan teratas dengan raihan 55 medali emas, 56 medali perak dan 57 medali perunggu.

Cabang olahraga seperti taekwondo, sepaktakraw mampu mengangkat posisi juara umum PON 2016 Jawa Barat dan hari ini Jumat (8/10/2021)  posisi tersebut bisa tetap terjaga karena kontingen Bumi Pasundan masih memiliki harapan medali emas pada cabang olahraga dayung yang mempertandingkan 8 nomor final di Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Wakil Ketua Binpres KONI Jawa Barat Trio Arsepto mengatakan masih banyak nomor pertandingan yang merupakan peluang medali emas bagi Jawa Barat namun belum dipertandingkan.

"Dari cabor menembak saja ada sekitar 20 nomor lagi, dan hari ini kita optimis dapat 8 hingga 13 medali emas," kata Trio Arsepto.

DKI Jakarta menempel Jawa Barat dengan 54 medali emas, 43 medali perak dan 56 medali perunggu. Menariknya Jawa Timur kemarin menyodok naik ke posisi tiga besar usai merebut 53 emas, 40 perak dan 42 perunggu. Jawa Timur menggeser tuan rumah Papua keurutan empat dengan Raihan 52 emas, 24 perak serta 46 medali perunggu.

Jawa Timur memanaskan persaingan lima besar perolehan medali. Cabang olahraga tenis yang menyediakan 7 medali emas disapu bersih Christopher Rungkat dkk. Belum lagi cabang olahraga selam yang berakhir kemarin Stadion Akuatic Kampung Harapan Kabupaten Sentani kolam menjadi kontribur Jatim.

Dari olahraga aquatic selam kolam itu, tim Jawa Timur tidak terkejar untuk gelar juara umum usai merebut 12 emas, 4 perak dan 3 perunggu.  Posisi kedua ditempati tim selam DKI Jakarta menyabet 6 emas, 4 perak dan 2 perunggu disusul Jawa Barat urutan ketiga dengan 2 emas, 8 perak dan 4 perunggu.

Meski bergeser posisi ke urutan 4 daftar perolehan medali dengan 52 emas, 24 perak dan 46 medali perunggu, tuan rumah Papua masih memiliki kesempatan besar untuk bisa kembali naik atau tetap bertahan di empat besar.  Margin perolehan medali yang cukup jauh dengan Kontingen Jawa Tengah dengan 17 emas, 27 perak dan 29 medali perunggu dipastikan tetap menjaga posisi Papua untuk persaingan dengan Jabar, DKI Jakarta serta Jawa Timur.

Hari Jumat ini (8/10/2021) PON XX Papua mempertandingkan 17 cabang olahraga  di empat cluster, Kota-Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.  Dari 17 cabang olahraga itu 9 di antaranya memperebutkan medali emas yakni menembak, senam ritmik, dayung, angkat besi, panjat tebing, biliar, gulat, anggar dan catur.

Pewarta: Ririn
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI