RRI

Lifter Aceh Zul Ilmi Raih Emas di PON XX Papua

8 Oktober 2021 18:08 WIB
Lifter Aceh Zul Ilmi Raih Emas di PON XX Papua

KBRN, Jayapura:  Kontingen Aceh, berhasil menambah perolehan emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dari cabang olahraga (cabor) angkat besi, melalui lifter Zul Ilmi di kelas 96 Kg, yang berlangsung di auditorium Universitas Cendrawasih, Papua, Jumat (8/10/2021).

Lifter Tanah Rencong ini, memastikan emas setelah mencapai total angkatan 330 kilogram yang tidak bisa dilampui lagi oleh saingan terdekatnya, Listianto Sofyan dari Jawa Timur, dengan total angkatan 318 Kg dan Samsul Bahri Roy dari Lampung (311 Kg).

Listianto dan Samsul Bahri harus puas dengan medali perak dan perunggu. Selain menyabet emas, Zul Hilmi pun memecahkan rekor pada angkatan snatch atas namanya sendiri dari 147 Kg menjadi 150 Kg.

Pada angkatan clean and jerk, ia mampu mengangkat barbel 153 Kg, sehingga angkatan totalnya menjadi 330 Kg. Angkatannya itu tidak bisa dilampui oleh saingan terdekat lifter Jawa Timur dan Lampung.

Emas ke-empat untuk Aceh ini disambut suka cita dan syukur seluruh anggota Kontingen Aceh di Bumi Cendrawasih, yang kini terus all out memburu emas dalam persaingan ketat PON XX.

Ketua Koordinator Kontingen Aceh di Klaster (wilayah) Kota Jayapura, Teuku Rayuan Sukma yang juga Ketua Umum Pengprov PABSI Aceh, menjadi orang paling terlihat gembira bercampur haru dan rasa syukurnya atas raihan ema Zul IImi.

Begitu juga sang pelatih Effendi Eria, mantan pelatih Timnas Olimpiade Beijing yang selama ini mengembleng lifter tersebut, tak luput dari rasa puas dan senangnya.

"Bakatnya luar biasa  baru beberapa bulan latihan, dia mampu melewati angkatan seniornya yang sudah cukup lama berkiprah di olahraga angkat barbel ini," ujar Rayuan kembali mengungkap secuil kisah Ilmi mengawali berlatih angkat besi beberapa tahun lalu.

"Prestasi Zul Ilmi melonjak semenjak dinyatakan lolos PON Papua dan berdasarkan data angkatannya pun dipanggil masuk Pelatnas," ujar mantan Kadispora Aceh ini.

Katanya, hari ini Zul Ilmi membuktikan bakat besar dan mimpinya mempersembahkan medali emas untuk Tanah Rencong.

Sementara, Aceh masih memiliki satu peluang besar lagi meraih medali emas dari angkat besi, melalui lifter putri Nurul Akmal kelas 70 + Kg, yang akan turun, Sabtu (9/10/2021) besok.

Pewarta: Syahril Ahmad
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI