RRI

Enam Emas Dayung Amankan Posisi Jabar

8 Oktober 2021 20:20 WIB
Enam Emas Dayung Amankan Posisi Jabar

KBRN, Jayapura: Raihan enam medali emas dari cabang dayung memperkuat posisi kontingen Jawa Barat (Jabar) di puncak klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pada pertandingan final cabang dayung kategori rowing yang berlangsung Jum’at (8/10/2021) di Teluk Yaotefa, Kota Jayapura, mempertandingkan 11 nomor final. Para pedayung Jabar sukses mengemas emas diantaranya di nomor Lighweight Single Sculls (LM1X) Putra oleh Kakan Kusmana Kusmana yang mencapai finis duluan dengan catatan waktu 7:11.761 detik. 

Kemudian dari nomor Lighweight Double Sculls (LW2X) Putri lewat pasangan Syiva Lisdiana/Melani Putri yang berhasil finis tercepat dengan catatan waktu 7:29.565 detik.

Selain itu juga di dapat dari nomor Coxless Pairs (M2-) Putra (M4X) Putra, Double Sculls (W2X) Putri, Coxed Eight (M8+) Putra, serta Team 10 M Air Pistol Putri.

Pelatih Kepala tim dayung Jawa Barat Syafril mengakui, hasil yang dicapai anak asuhnya telah sesuai prediksi meski pada PON XIX tahun 2016 mendapat 8 medali emas.  

“Sekarang Jabar dari arena Dayung PON Papua bisa dapat 7 medali emas, tapi ini sudah cukup memuaskan karena memang sesuai target kita,” jelas Syafril usai pertandingan.

Tambahan 6 emas tersebut juga mengantarkan Jawa Barat keluar sebagai juara umum disiplin rowing dengan mengumpulkan 7 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Selain 6 medali emas dari dayung, Jabar juga meraih emas di hari ini dari cabang menembak di nomor Team 10 M Air Pistol Putri melalui Ni Putu Sri Rachmawati dan Kinanthi Ulfa Aristi.

Selain itu Jabar juga menambah 3 keping perak dari menembak oleh Audrey Zahra Dhiyaanisa di Individual 50 M Rifle 3 Position Putri, senam ritmik nomor Perorangan Per Alat - Pita (RibbonlKompetisi III) Fanni Fauziah, serta panjat tebing di individu - Combined Putri oleh Widia Fujiyanti.

Sampai pukul 21.00 WIT dalam daftar medali yang dirilis website resmi PON XX Papua, Jawa timur masih membuntuti di posisi ke-2 yang merebut 57 emas, 47 perak dan 43 perunggu.

DKI Jakarta yang terpaut 1 emas berada di peringkat 3 dengan 56 emas, 48 perak dan 58 perunggu. Disusul Tuan Rumah Papua dengan 52 emas, 26 perak dan 47 perunggu. Serta Jawa tengah di urutan 5 besar dengan 18 emas, 27 perak dan 30 perunggu.

 

Pewarta: Ririn
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI