RRI

  • Beranda
  • Berita
  • PON Papua Mesti Sukses Prestasi dan Administrasi

PON Papua Mesti Sukses Prestasi dan Administrasi

9 Oktober 2021 07:38 WIB
PON  Papua Mesti Sukses Prestasi dan Administrasi

KBRN, Jakarta: Selain menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  tahun ini, Papua juga menjadi tempat penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional atau Peparnas XVI 2021.

Untuk membiayai dua event olahraga tersebut, pemerintah memberikan dukungan anggaran yang besarnya mencapai Rp3.5 triliun dari APBN yang digulirkan sejak tahun 2018.

Menurut Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ditjen Anggaran Purwanto, dana sebesar itu dialokasikan untuk kementerian dan Lembaga yang terlibat dalam event olahraga tersebut yaitu Kementerian PUPR, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Perhubungan, LPP TVRI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, LPP RRI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Kementerian Pariwisata.

Karena melibatkan anggaran yang besar, pemerintah melakukan pengawasan penggunaan anggaran agar pelaksanaan PON ke XX dan Perparnas ke XVI  sukses dari sisi penyelenggaraan, prestasi, juga sukses dari sisi administrasi.

"BPKP sekarang juga sudah menurunkan timnya untuk melakukan pengawasan dan pengendalian. Sehingga kita harapkan event ini berlangsung sukses dalam penyelenggaraan, prestasi dan sukses administrasi," kata Purwanto dalam media briefing, Jumat (8/10/2021).

Sementara itu, Direktur Barang Milik Negara Encep Sudarwan mengatakan, nantinya pemerintah akan menghibahkan sejumlah venue olahraga pada pemerintah provinsi Papua. Sehingga dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat Papua, baik dari sisi ekonomi maupun sosial.

"Jadi nanti anggaran yang sudah disediakan, kemudian dibangun, jadi barang milik negara. Lalu akan dihibahkan  pada pemerintah daerah Papua. Jadi akan kita serahkan dalam bentuk hibah. Kami yakin mereka bisa mengurusnya," kata Encep.

Venue olahraga yang merupakan Barang Milik Negara tambah Encep, totalnya senilai Rp 1,3 triliun, yaitu berupa Arena Aquatic, Istora Papua Bangkit, Arena Cricket, Hockey Indoor dan Outdoor, Kawasan Kampung Harapan, Kawasan Doyo Baru, Arena Sepatu Roda, Arena Panahan, Arena Dayung, Sistem Drainase Kabupaten Jayapura, dan Sanitasi. (Foto: BPMI Setpres)

Pewarta: Magdalena
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI