RRI

  • Beranda
  • Berita
  • PON XX Papua Tumbuhkan Nasionalisme Lewat Sportivitas

PON XX Papua Tumbuhkan Nasionalisme Lewat Sportivitas

9 Oktober 2021 10:30 WIB
PON XX Papua Tumbuhkan Nasionalisme Lewat Sportivitas

KBRN, Jakarta: Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyatakan jika rasa nasionalisme dibangun melalui sportivitas.

Hal tersebut juga berhubungan oleh Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan menggelorakan rasa nasionalisme pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Membangun nasionalisme bangsa, tetapi bukan nasionalisme yang sempit ya. Tetapi sebuah nasionalisme atau kebangsaan yang dibangun berdasarkan sportivitas. Itu yang saya kira penting," ujar Usman Kansong melalui keterangan resmi kepada RRI, Sabtu (9/10/2021).

Sportivitas yang dipraktekkan pada laga pertandingan, tentunya dapat berpengaruh langsung kepada setiap individu dalam menyikapi keberagaman yang dimiliki ibu pertiwi secara positif.

Usman juga mengatakan bahwa rasa nasionalisme itu akan menular secara cepat kepada masyarakat yang menyaksikan pertandingan secara langsung maupun virtual di berbagai pelosok tanah air. 

Mengingat, laga yang ditampilkan akan menggugah rasa nasionalisme yang terpendam dalam sanubari. Hal itu, akan membuat masyarakat yang menyaksikan akan bergelora kembali rasa nasionalismenya. 

"Betapa olahraga itu sangat penting dalam membangun persatuan dalam kehidupan kebangsaan," katanya.

Ia menjelaskan tergugahnya rasa nasionalisme sudah nampak terlihat dalam setiap penonton yang menyaksikannya. Karena, pada pembukaan ajang di atas, pemerintah telah mendesain acara pembukaan yang sarat makna nasionalisme. 

Pesan tersebut, nampaknya ditangkap oleh para penonton yang menyaksikan acara itu. Indikasinya, masyarakat yang menyaksikan begitu terpukau oleh setiap tampilan-tampilan pengisi acara yang disajikan kala pembukaan PON XX Papua yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo saat itu. 

Begitu megahnya pembukaan ini, tentunya akan mengobarkan nasionalisme bagi setiap insan yang melihat ajang tersebut beberapa waktu lalu. 

"Tadi seperti kata Pak Gatot, pembukaan PON yang begitu luar biasa," tuturnya.

Pewarta: Vinta
Editor: Nugroho
Sumber: RRI