RRI

PON Membawa Dampak Positif Tehadap Nilai Budaya

9 Oktober 2021 12:10 WIB
PON Membawa Dampak Positif Tehadap Nilai Budaya

KBRN, Merauke: Penyelenggaran event Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021, menjadi ajang pemersatu bangsa dan merajut persaudaraan serta mengangkat nilai budaya  kearifan lokal.

Penyelenggaran pembukaan stand kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Masyarakat Merauke, pada pelaksanaan PON Papua yang di Pusatkan di depan kantor Bupati itu , disambut baik masyarakat.

Bahkan mereka menjelaskan, dengan kegiatan ini kembali mengangkat dan mempromosi nilai budaya, kesenian, dan juga menyuguhkan makanan khas Papua seperti sagu yang dikemas dalam berbagai olahan bentuk makanan.

Maria salah satu kelompok usah kariku asal kimam menjelaskan, mereka merasa senang dengan pelaksanaan PON XX Papua, khususnya di Klaster Merauke.  Dengan PON juga mereka dapat mengenal dan mengangkat nilai budaya mereka.

"Kami sangat senang sekali Pon bisa di laksanakan di Papua lebih khusus di Merauke, karena dengan PON kami saling mengenal dengan masyarakat dari daerah lain, dan juga kami akhir bertambah saudara, selain itu, PON ini membuat kami mengenal budaya kami ,kesenian kami dan lain sebagainya." tuturnya, Jumat (8/10/2021 ).

Ia mengajak pada seluruh masyarakat kota Merauke dan juga masyarakat dari luar Papua, untuk dapat mengunjungi stand- stand yang ada di depan kantor Bupati Merauke, dan dapat membeli kerajinan tangan mereka sebagai oleh-oleh untuk keluarga, sahabat maupun untuk di pakai untuk pribadi.

Pewarta: Yoris Goden
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI