RRI

PON Papua Sampaikan Pesan Nasionalisme

9 Oktober 2021 12:50 WIB
PON Papua Sampaikan Pesan Nasionalisme

KBRN, Jakarta: Dalam rangka memastikan rasa nasionalisme, PON XX Papua senantiasa terdengar di berbagai kanal komunikasi.

Maka dari itu, Kominfo telah berkoordinasi secara intensif dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan telekomunikasi. Langkah itu juga dilakukan demi menjamin jaringan telekomunikasi pada ajang olahraga rutin setiap empat tahunan ini tetap berkualitas. 

"Dengan berkualitasnya jaringan telekomunikasi yang dibangun, maka seluruh masyarakat dapat menyaksikan ajang olahraga melalui berbagai kanal komunikasi di ruang digital," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunnikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong, melalui keterangan resmi kepada RRI, Sabtu (9/10/2021).

Bahkan, pesan nasionalisme itu sendiri telah ada pada setiap laga pertandingan dapat sepenuhnya dipahami oleh penonton yang menyaksikan pertandingan dari beragam teknologi. 

"Kita sudah mengantisipasinya sehingga perhelatan PON Papua tetap bisa disaksikan secara langsung melalui berbagai medium," katanya.

Secara khusus, pihaknya juga terus memantau stabilitas jaringan telekomunikasi di setiap klaster penyelenggara PON Papua. Tujuan, setiap teknologi yang sudah dikerahkan dalam menyukseskan perhelatan ini juga terus dalam keadaan optimal selama ajang ini berlangsung. 

"Dengan begitu, kualitas jaringan telekomunikasi dapat terus berlangsung, Selain itu juga kita menjaga menjaga Base Transceiver Station (BTS) yang ada di Papua dari berbagai gangguan," jelasnya. 

Selain itu, pada media sosial sendiri Kominfo senantiasa menjaga kondusifitas di ruang digital dengan menyebarkan berbagai konten yang bersifat optimis dan positif terkait dengan penyelenggaraan PON Papua. 

Hal ini dilakukan setiap saat oleh pihaknya, sehingga di setiap platform media sosial dapat dipenuhi oleh informasi yang cenderung bersifat baik. 

"Kondisi pada saat ini, percakapan di berbagai platform media sosial terpantau aman. Setiap pembahasan yang berkaitan dengan penyelengaraan PON Papua cenderung lebih positif," tuturnya.

Nantinya, pengguna platform di dalam negeri, lebih membahas PON Papua dari sisi positif yang telah dibangun dengan bekerja keras oleh Kominfo dalam beberapa waktu belakangan ini. 

"Percakapan-percakapan di media sosial, kita terus memantaunya dan syukur alhamdulillah semuanya berlangsung Aman. Yang berlangsung sesuai seperti yang kita harapkan," pungkasnya. 

Pewarta: Vinta
Editor: Nugroho
Sumber: RRI