RRI

PON Papua, Jatim Kunci Perunggu Basket Putra

9 Oktober 2021 13:40 WIB
PON Papua, Jatim Kunci Perunggu Basket Putra

KBRN, Mimika: Aksi shooting dua angka dari Naufal Alifio memastikan Jawa Timur meraih perunggu di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua.

Jatim berhasil kalahkan Jawa Tengah dengan skor 63 -55, yang berlangsung di GOR Basket Mimika Sport Complex, Sabtu (9/10/2021). 

Dikuarter awal Jatim membuka skor melalui shooting dua angka. Namun Jateng melalui Pamungkas membalas dengan lemparan dua angka. Hingga kuarter pertama, Jateng unggul setengah bola 16-15.

Memasuki kuarter kedua, Titoaji membawa Jateng unggul 18-15. Lemparan dua angka Tirto kembali bawa Jatim perkecil skor. Gerakan pivot Ikram dan shooting three point membuat Jatim balik unggul 20 - 18. Titoaji samakan skor melalui aksi driblingnya. Jatim kembali memimpin 36 - 33 melalui aksi Tirta. Namun, free throw Pamungkas samakan kedudukan 36 - 36. Sisa satu detik dimanfaatkan Jatim melalui lemparan dua angka James dan bawa keunggulan di akhir kuarter kedua dengan 38 - 36. 

Memasuki kuarter ketiga permainan kedua tim berjalan menarik. Jatim menambah lima angka melalui three point Tirta dan lemparan dua angka James. Sumbangan 12 poin Tirta kembali jauhkan Jatim atas Jateng 45 -36. Jatim menutup kuaryer ketiga dengan 52 - 42.

Pada kuarter akhir Jateng coba bermain lebih opensif. Lemparan free throw Bryan sempat memberikan asa untuk kejar poin. Namun hingga akhir laga Jatim tetap bisa pertahankan skor 63 - 55.

Dio Tirto menjadi penyumbang 17 angka bagi Jatim. Tirto mengucap syukur bisa merebut perunggu. 

"Banyak yang beranggapan Jawa Timur mungkin tidak dipandang lah. Tapi kita akhirnya dapat perunggu, ya ini harus disyukuri," ucap Tirta.

Sedangkan pelatih Jatim, Kencana Wukir mengatakan, anak asuhnya sudah jalankan sesuai dengan skenario.

"Mungkin kalau ada kesalahan satu dua itu biasa. Kita evaluasi setelah PON ini agar basket Jatim bisa lebih baik," ucapnya. 

Sedangkan DKI Jakarta akan menghadapi Sulawesi Utara pada perebutan medali emas basket putra, yang mulai 15.00 WIT. Jatim masih punya peluang emas dari basket putri yang saat ini sedang berlangsung. Jatim akan menghadapi Bali diperebutan medali emas. (Joko Saputra)

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI