RRI

Renang Hari Pertama, Riau Langsung Rebut Emas

9 Oktober 2021 20:40 WIB
Renang Hari Pertama, Riau Langsung Rebut Emas

KBRN, Jayapura: Cabang Olahraga (Cabor) Renang Riau yang merupakan salah satu unggulan di PON XX Papua, sudah meraih satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu, pada hari pertama pertandingan di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (9/10/2021).

Ketua Harian Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Riau, Deni Hermanto mengatakan, medali didapat dari perenang andalan Riau, Azzahra Permatahani, yang memperoleh medali emas pada nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri.

Di nomor yang sama, medali Perak diraih atlet Jawa Timur dan medali Perunggu juga diraih perenang Riau atas nama Vanesha Ananda Afato.

Tidak itu saja, Azzahra juga berhasil meraih medali perak pada nomor 200 meter gaya ganti perorangan putri, setelah kalah dari atlet pelatnas asal Jawa Timur, Nurul, yang berhak atas medali emas.

"Kita mendapatkan medali emas, perak dan perunggu di hari pertama perlombaan renang," ujar Deni Hermanto di Jayapura, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (9/10/2021).

Ditambakan Deni, 400 meter gaya ganti perorangan putri merupakan nomor andalan bagi Azzahra.

Itu terbukti dalam pertandingan, dimana Azzahra cukup jauh meninggalkan perenang Jatim yang berhasil meraih medali perak.

"Rata-rata memang perenang yang tampil di PON ini adalah para perenang nasional, termasuk juga Azzahra," ungkap Deni.

Dikatakan Deni, untuk nomor renang ini masih banyak lagi yang akan dipertandingkan dan Azzahra akan ikut dalam enam nomor.

Dua sudah dijalani yakni nomor 200 dan 400 meter gaya ganti putri.

Begitu juga dengan Vanesha, menurut Deni, juga akan ikut dalam enam nomor pertandingan dan baru satu yang sudah diselesaikan.

Selain dua perenang putri, Riau juga akan menurunkan satu orang perenang putra atas nama Faisal Dewantara yanbg akan turun dalam lima nomor pertandingan.

"Kita menargetkan tiga medali emas dalam cabang renang ini," ucap Deni.

"Kita berharap doa dari seluruh masyarakat Riau agar Renang bisa mencapai target dan tetap bisa mempertahankan nama Riau di tingkat nasional," imbuhnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Pewarta: Peri Widodo
Editor: Nugroho
Sumber: RRI