RRI

Peraih Medali Cabor Cartur Wajib Tes Doping

10 Oktober 2021 08:35 WIB
Peraih Medali Cabor Cartur Wajib Tes Doping

KBRN, Merauke: Sony Ropa, selaku Ketua Panitia Pelaksana cabang olahraga (cabor) Catur Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 mengungkapkan, pihaknya memastikan tidak ada kecurangan dalam pelaksanaan pertandingan catur yang dilakukan atlet. Selain itu, menurutnya, tes doping juga akan dilakukan.

Terkait tes doping, peraih medali catur akan menjadi sasaran utama pemeriksaan kali ini. Jika nantinya memang ada yang terbukti memakai doping, dipastikan akan dikenakan sanksi.

"Tes doping pasti dilakukan, apalagi yang raih medali itu sudah pasti dilakukan, karena pertandingan olahraga harus sportif, apalagi ini PON," ujar Soni, Sabtu (9/10/2021).

Menurutnya, tes doping ini sangat perlu karena mereka yang melakukan doping tentu akan memiliki fisik dan mental yang relatif lebih baik, dan ini merupakan bentuk kecurangan.

Ia pastikan, tidak ada atlet catur peraih medali yang tidak melakukan tes doping tersebut.

"Ya tes doping ini wajib bagi atlet, apalagi bagi yang juara, sudah pasti akan diperiksa terkait penggunaan doping, kan curang namanya kalau pake doping," imbuh Sony.

Sementara itu terkait pelaksanaan pertandingan, menurutnya hingga usai pelaksanaan pertandingan nomor catur cepat, tidak ada keberatan atau protes yang diajukan pihak atlet yang bertanding. 

Sony menyebut,  wasit yang mengawasi jalanya pertandingan,  merupakan orang yang dinilai ahli di bidangnya, dimana sebelumnya telah dilakukan technical meeting untuk menyamakan persepsi dalam memimpin pertandingan. Dengan demikian ia yakin hingga usai pelaksanaan pertandingan catur di semua nomor, tidak ada protes yang diajukan pihak Atlet.

Pewarta: Imam Komarudin
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI