RRI

Papua Juara Umum Cabor Motor Cross

10 Oktober 2021 10:05 WIB
Papua Juara Umum Cabor Motor Cross

KBRN, Merauke: Semangat jiwa corsa para pebalab Motor Cross tim Provinsi Papua, ditengah lembabnya tanah serta dibawah sinar matari yang sangat terik, membuahkan hasil bagi tuan rumah Bumi Cenderawasih yang berhasil memperoleh juara umum pada cabor ini.

Papua mengantongi 2 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu pada PON XX Papua 2021, yang berlangsung di Arena Sirkuit Balap Motor Tanah Miring, Merauke, Sabtu (10/10/2021).

Hasil ini terlihat, setelah kelas MX 125 CC beregu berhasil direbut oleh duet Papua A, atas nama Nakami Vidi Makarim dan Akbar Aureliansyah Lubis.

Sedangkan  untuk kelas MX 250 CC beregu, medali emas berhasil dipersembahkan Yosua Patipi dan Lantian.

Sementara untuk motorcross kelas individu 125 CC medali emas direbut oleh Jawa Timur. Sedangkan Papua  memperoleh medali perak Nakami Vidi Makarim.

Sebenarnya, Papua berpeluang memperoleh medali emas pada kelas tersebut, namun saat star Nakami Vidi Makarim terjatuh sehingga sempat tertinggal. Namun dengan semangat juang yang tinggi sehingga Nakami Vidi Makarim berhasil kembali menyalip hingga berada di urutan kedua hingga finish.

Dengan tambahan medali tersebut, maka Papua berhasil meraih 5 dari 8 medali emas yang diperebutkan dari Cabor bermotor ini, kemudian 1 medali perak dan 3 medali perunggu.

‘’Saya tidak bisa berkata-kata lagi. Yang  jelas saya sangat senang sekali,’’ ucap Yosua Patipi dengan singkat sambil terharu usai menerima medali emas didampingi rekannya Lantian.

Sementara itu juga Gubernur Papua Barat, Domingus Mandacan, menyempatkan hadir untuk dapat menyaksikan secara langsung satu sesi akhir pertandingan tersebut, sekaligus menyerahkan medali kepada para pemenang kelas beregu MX 125 CC.

Ketua Dewan Pembina Pengprov IMI Papua, Rudy Maswi menilai pencapaian yang diperoleh  Papua untuk Cabor Bermotor ini sangatlah luar biasa, karena hasil ini telah melebihi dari target yang dicanangkan sebelumnya.

"Sebenarnya  apapun bisa kita buat, yang penting event diperbanyak. Kalau merata, saya pikir anak-anak kita bisa bersaing," terang Rudy.

Disamping itu juga, Ketua Pengprov IMI Papua, Yan P. Mandenas sangat mengapresiasi atas pencapaian tersebut. Namun dirinya mengakui banyak keterbatasan saat persiapan, namun keberhasilan ini karena banyak dibantu tuan rumah Merauke terutama bupati dan Pengkab IMI Merauke yang banyak memberikan support untuk atlet dan pelatih.

Ditambah dengan perolehan medali dari lomba motor cross, tuan rumah PON XX Papua ini berhasil mengantongi total 5 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Pewarta: Rendy Fahlepy
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI