RRI

Pesilat Jeni Elvis Kause Lolos ke Final

10 Oktober 2021 10:50 WIB
Pesilat Jeni Elvis Kause Lolos ke Final

KBRN, Jayapura: Kontingen Provinsi Nusa Tenggara Timur cabang olahraga Pencak Silat sangat berbangga, meloloskan satu atlet andalan meraih medali emas ke babak final atas nama Jeni Elvis Kause.

Jeni Elvi Kause yang bertanding di Kelas B Puteri pada baba semifinal yang berlangsung pada, Sabtu (09/10/2021) di GOR  Toware Sentani Jayapura, berhasil menang mutlak 5 : 0 atas pesilat Nadia Haq N.C asal Provinsi Jawa Tengah.

Pantau langsung RRI, Jeni tampil sangat maksimal. Ia bermain sangat tenang dan bisa membanting atlet lawannya beberapa kali, sehingga poinnya terus bertambah dan tidak mampu dikejar lawannya.

Hasil akhir yang dicapai Jeni dengan skor akhir 5 : 0, membuka peluang NTT meraih medali emas dari cabang olahraga pencak silat semakin terbuka lebar.

Sementara itu pada hari yang sama, atlet Pencak Silat NTT Muh. Zaki Zikrilah Prasong dan Ronaldo Neno yang turun dipartai semifinal Kelas B dan F Putera, gagal meraih tiket ke babak final,  dikalahkan Pesilat Muhammad Hafizi asal Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

Kekalahan tersebut memastikan  Zaki Prasong dan Ronald hanya meraih medali perunggu pada multi even PON kali ini di Papua 2021.

Kekalahan yang sama juga dialami Pesilat NTT Novita Rumengan dikelas E Puteri dari Pesilat Sarah Tria Monita asal Provinsi Jawa Timur, pada babak penyisihan.

Menanggapi hasil yang diraih para atlet pencak silat NTT, Ketua Umum IPSI NTT Andreas W. Koreh menyampaikan apresiasi kepada para atlet Silat yang sudah berjuang maksimal.

Ia menilai, perjuangan para atlet NTT dari cabang olahraga pencak silat sungguh luar biasa.

Menurut Andre Koreh, target medali emas dari Pencak Silat tersisa harapan dari atlet Jeni Kause yang memiliki pengelaman tanding sangat bagus.

“Memang atlet kita Zikri dengan Ronald gagal melaju ke Babak Final, artinya mereka sudah memastikan dua medali perunggu dari cabang olahraga pencak silat. Dan saya sangat senang dengan prestasi yang mereka raih. Karena saya menyaksikan sendiri jalannya pertandingan dua partai ini, dan memang harus diakui lawan-lawan mereka sangat kuat. Saya kira ini pengelaman yang berharga bagi mereka berdua, sehingga pada even-even berikutnya, mereka akan berprestasi meraih medali emas,” ungkap Andre Koreh.

Andre juga berharap Jeni Kause yang memiliki pengelaman tanding yang sudah sampai level internasional bisa memberikan satu medali emas untuk NTT dari cabang olahraga pencak silat.

“Memang dari cabang olahraga ini kita targetkan dua medali emas, satu dari Zaki atau Ronaldo serta satu lagi adalah andalan kita Jeni Kause. Akan tetapi langkah kedua atlet kita ini harus tertahan di babak semifinal dan hanya memastikan dua medali perunggu, itupun sudah sangat cukup untuk kita. Dan saya yakin mereka akan terus menjadi atlet yang baik dan berprestasi dimasa-masa yang akan datang,” tutur Andre yang dihubungi RRI di Sentani, Sabtu (09/10/2021). (at/imr)

Pewarta: Alo Tani
Editor: Nugroho
Sumber: RRI