RRI

Dua Kensi Aceh Dipastikan ke Semif Final

11 Oktober 2021 04:00 WIB
Dua Kensi Aceh Dipastikan ke Semif Final

KBRN, Jayapura: Dua kensi Aceh Lismarita dan Maisarah yang tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua,di GOR STT GIDI, Sentani, Minggu (10/10/2021), dipastikan melaju ke semi final.

Kensi putri Aceh ini pada nomor randori (laga) penyisihan grup berhasil mengalahkan lawan-lawannya, sehingga tampil sebagai juara.

Lismarita yang bertarung di kelas 50 Kg berada grup B, tampil sebagai juara dan melangkah ke semi final. Di grup ini, Lismarita (Aceh), Seraphine (Kalimantan Timur) dan Ni Kadek (Bali)

Dalam laga penyisihan grup, kensi Aceh yang meraih medali emas di PON XVIII/2012 Riau ini, memenangkan pertandingan atas Ni Kadek dengan skor 10 - 0, setelah mendapat dua wazari hasil dua kali serangan tendangan atau geri dalam laga dua menit itu.

Lismarita memastikan juara grup sekaligus maju ke semi final, setelah menang atau unggul agresivitas menyerangan pada pertandingan ketiga atas Serapine.

Pertarungan dua kensi tersebut selama dua menit berlangsung ketat, sehingga berakhir imbang 0 - 0, karena tidak ada serangan yang menghasilkan poin dan dilanjutkan dua menit lagi, hasilnya juga sama.

Wasit memutuskan Lismarita sebagai pemenang. Kemenangan bagi atlet Aceh ini, karena unggul agresifitas.

"Atlet kita lebih unggul, karena lebih banyak menyerang, sedangkan lawannya pasif," ujar Ofisial tim kempo Aceh, Edi Saputra.

Di semi final, Lismarita akan ditantang Marta dari Jawa Timur yang ranner-up pada grup A. Ester (Papua Barat) juara grup A, melawan runner-up grup B, Serapine dari Kalimantan Timur.

Sementara itu, Maisarah kelas 55 kilogram tampil ke semifinal, setelah juara penyisihan grup A. Ia mengalahkan Suci dari Sumatera Barat, dan menang 10 - 0, setelah mendapat dua wazari atas kensi tuan rumah Papua, Evi.

Di semi final, Maisarah bertemu Nour Lolalita (Riau), Suci (Sumatera Barat) melawan Siska (NTT).

"Menurut informasi panitia, pertandingan semi final akan berlangsung, Selasa (12/10/2021)," jelas Edi Saputra.

Lismarita dan Maisarah yang mendapat dorongan spirit dari suporter Aceh, termasuk Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun SIP, MPA, Sekretaris Umum Perkemi Aceh, Ahyar Daut dan Anggota DPR Aceh Bardan Sahidi.

Sekretaris Umum KONI Aceh, M Nasir Syamaun menyebutkan, pihaknya sangat bangga kempo Aceh dengan dua atlet yang tampil di PON Papua, dua-dua tampil ke  semi final. 

"Kita harapkan agar kiranya kensi Aceh ini dapat meraih hasil terbaik di semi final dan maju ke final, sehingga dapat meraih medali emas," ujarnya.

Pewarta: Syahril Ahmad
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI