RRI

Bayern Muenchen Siap Kontrak Ade Mustikiana

11 Oktober 2021 07:20 WIB
Bayern Muenchen Siap Kontrak Ade Mustikiana

KBRN, Merauke: Dari perhelatan cabang sepak bola putri PON XX Papua, sosok Ade Mustikiana Oktafiani, kapten timnas putri Indonesia tak banyak dibicarakan orang.

Padahal gelandang pengatur serangan kesebelasan putri Bangka Belitung (Babel) itu terus dipantau oleh raksasa Jerman, Bayern Muenchen atau Bayern Munich. 

Wajar adanya, Ade sedikit lepas dari sorotan publik, karena masyarakat Merauke yang sangat euforia mendukung tim putri Papua di setiap pertandingan mereka. 

Fila Hadianto, pelatih tim putri Babel yang juga ayah dari Ade Mustikiana, menyebutkan sang anak mengaku mendapat respons positif kala mendapat trial di Bayern Munich. 

"Dia kemarin trial di Muenchen cukup baik. Dari pihak Bayern Muenchen kemarin sempat bulan 2 (Februari 2022) menawari untuk kembali (mengikuti trial, red)," kata Fila Hadianto, Minggu (10/10/2021).

Trial pertama telah dilakukan Ade, 16-23 Agustus. Ade mengikuti latihan di kamp Munich yang beralamat di 272 Ingolstädter Strasse

Ketika disinggung tentang kontrak dari klub wanita Bayern, Fila menyebutkan, pembicaraan kontrak belum disampaikan secara eksplisit.  

"Kalau itu kami belum tahu, cuma kemarin sempat ada pembicaraan, mau nggak kalau Ade main di Liga 2," ujarnya. 

Kebanggaan

Pemain nomor punggung 9 di tim putri Babel ini ditawari bermain di tim B Bayern sebagai uji coba. 

"Kalau itu sampai terjadi, saya sebagai orangtua sangat bangga. Tapi sekarang, saat ini dia sedang menyelesaikan skripsinya. Saya berharap dia selesaikan dulu kuliahnya, kemudian karirnya," ungkap dia. 

Ade Mustikiana sejatinya tak sendiri. Pemain yang berkuliah di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mendapat undangan bersama pemain belakang tim putri DKI Jakarta, Salikha Aurelia Viandrisa. 

Sosok pengatur serangan yang sederhana ini memiliki segudang talenta. Puncaknya, pemain kelahiran tahun 1999 itu berhasil menjadi bagian Timnas Putri di AFF tahun 2015 lalu. 

Ade juga menjadi bagian timnas putri yang berhasil meraih tiket Piala Asia Wanita 2022 di India. 

"Sebenarnya saya ingin kuliahnya jangan sampai terbengkalai. Tapi, kalau seandainya ini harus terjadi (dikontrak Bayern) saya merasa bangga. Saya mengucapkan terima kasih untuk masyarakat dan Bayern," papar dia. (ros/imr)

Pewarta: Rosihan Anwar
Editor: Nugroho
Sumber: RRI