RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kalahkan Juara Bertahan Jabar, Jatim Lolos Semifinal

Kalahkan Juara Bertahan Jabar, Jatim Lolos Semifinal

11 Oktober 2021 07:45 WIB
Kalahkan Juara Bertahan Jabar, Jatim Lolos Semifinal

KBRN, Kab Jayapura: Tim Sepakbola Jawa Timur (Jatim), tampil sempurna di babak enam besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua. Anak asuh Rudy William Keltjes itu, membenamkan juara bertahan Jawa Barat (Jabar) dengan skor 2-0. Kemenangan ini mengantarkan Jatim ke babak semifinal sebagai juara Grup E.

Setelah kemenangan 5-1 atas Kalimantan Timur (Kaltim), Jatim banyak merotasi pemain di game melawan Jabar. Rudy Keltjes banyak menyimpan nama penting. Termasuk striker andalan sekaligus poros permainan Jatim, M. Faisol Yunus.

Absennya pemain utama memengaruhi ketajaman tim Jatim. Mereka gagal mampu mencetak gol pada paruh pertama. Jatim baru menggigit di babak kedua. Mereka memimpin pada menit ke-50 lewat Krisna Septiawan. Jatim menggandakan kedudukan menjadi 2-0 menit menit ke-83 melalui M. Faisol Yunus.

“Kami tahan beberapa pemain supaya mereka bisa tampil all out di semifinal. Sebab itu seperti partai final untuk kami. Makanya saya tidak pasang-pemain inti sejak pertama. Tapi saya lihat mereka sudah gatal, jadi saya masukkan pemain seperti Faisol di babak kedua,” jelas Keltjes seusai laga, Minggu (10/10/2021).

Jabar sebenarnya memiliki peluang untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-47. Ketika wasit menunjuk titik putih karena pelanggaran. Namun eksekusi kapten tim Jabar, Pian Hadiansyah berhasil digagalkan kiper cadangan Eko Saputro.

Kemenangan 2-0 atas Jabar memastikan Jatim lolos ke semifinal sebagai juara Grup E. Jatim akan bertarung melawan Aceh, runner-up Grup D. Sedangkan Kaltim sebagai runner-up Grup E, berhadapan dengan Papua, sang juara Grup D. Babak semifinal akan digelar Selasa (12/10).

Pewarta: Feri Ardiansyah
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI