RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kalahkan Jakarta, Sepakbola Putri Babel Raih Perunggu

Kalahkan Jakarta, Sepakbola Putri Babel Raih Perunggu

11 Oktober 2021 07:35 WIB
Kalahkan Jakarta, Sepakbola Putri Babel Raih Perunggu

KBRN, Merauke: Mengenakan kostum putih-putih dari atas hingga bawah, tim Bangka Belitung (Babel) berhadapan dengan tim dari DKI Jakarta yang mengenakan kostum merah-merah.

Kedua tim saling membawa semangat PON XX Papua 2021 yang berbeda, untuk memperebutkan juara 3 pada laga final Sepakbola putri, yang berlangsung, Senin (11/10/2021) pagi, di Stadion Katapal, Merauke.

Awal babak pertama sendiri, kedua kubu saling memberikan serangan namun belum ada gol yang terjadi. Tepat menit ke-11, manfaatkan bola dikemelut gawang dan tendangan umpan dari Monica, pemain bernomor punggung 8, yakni Firanda berhasil membuka gol bagi Bangka Belitung.

Setelah mengalami gol diawal laganya pada babak semifinal perebutan juara 3 ini, anak asuhan dari Pelatih DKI Jakarta, Iswadi, mencoba membangun serangan. Namun hanya saja, daerah yang berjuluk Negeri Laskar Pelangi tersebut terus menggempur garis pertahanan yang dijaga oleh sang kiper yakni Joanne Ruth Carol.

Sebagai kapten kesebelasan DKI, Viny Silfianus dkk kerap mendapatkan kesempatan melakukan tendangan bebas. Tapi kesempatan tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh rekan setimnya. Mengingat juga garis pertahanan Babel sangat tebal, yang membuat DKI kewalahan.

Pertandingan berjalan dengan saling memberikan serangan balasan, namun hanya gol semata wayang Firanda saja yang tercipta dibabak pertama hingga wasit meniup peluit panjang turun minum.

Usai turun minum, pertandingan babak kedua kembali berlanjut. Tim DKI Jakarta melakukan prombakan formasi pemain, sedangkan anak asuhan dari Gaguk Setia Pelatih Babep tetap menggunakan strategi awal.

Tak lama wasit meniup peluit tanda mulainya babak kedua, tepat pada menit ke-52 Firanda pesepakbola asal Babel ini kembali menambah kedudukan bagi timnya. Tidak sampai disitu saja, dimenit ke-54 Bangka Belitung kembali menambah pundi gol melalui sepakan keras yang dilesatkan oleh pemain Babel bernomor punggung 6 yakni Nadila.

Setelah melesatkan 3 gol ke gawang Joanne, sang kapten Babel Huci Helyani dkk semakin pede untuk terus memberikan serangan dan menggempur garis pertahanan anak asuhan Iswadi.

Untuk mencoba mengejar ketertinggalan, Iswandi kembali merombak pemainnya dengan mengganti beberapa pemain lini belakang dan bahkan penjaga gawang yang sebelumnya Joanne, kini tergantikan oleh Prihatini.

Cuaca cerah terik matahari yang menyinari area stadion Katapal yang disaksikan langsung sebanyak 300 lebih orang, tidak menyurutkan semangat antar kedua kesebelasan untuk meraih juara 3 pada pertandingan kali ini.

Meski adanya tambahan waktu 2 menit pada babak kedua laga ini, namun tim DKI pada PON kali ini di cabor sepakbola putri harus mengakui keunggulan kesebelasan Babel yang kini memastikan diri untuk meraih juara 3 sekaligus medal perunggu setelah wasit meniup peluit panjang.

Pewarta: Rendy Fahlepy
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI