RRI

TGR Silat, Jabar 3 Emas 1 Perak-Perunggu

11 Oktober 2021 16:25 WIB
TGR Silat, Jabar 3 Emas 1 Perak-Perunggu

KBRN, Kabupaten Jayapura: Kontingen Jawa Barat (Jabar) tampil luar biasa pada cabang olahraga pencak silat, di Gor Toware, Kabupaten Jayapura, Senin (11/10/2021).

Dari 5 nomor final yang di pertandingkan, Jabar berhasil 3 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Emas pertama diraih Jabar lewat pesilatnya, Asep Yuldan Sani, dari nomor nomor tunggal putra dengan total penilaian 467. Dikelas yang sama medali perak diraih Sugianto, dari DKI Jakarta lewat skor 453, sedangkan perunggu diambil atlet Papua Deryalfi Fathudin dengan nilai 457.

Sementara nomor beregu putra, menjadi penyumbang emas kedua bagi Jabar, lewat pesilat Nunu Nugraha, Anggi Faisal, dan Asep Yuldan Sani yang mengumpulkan total nilai 462. Sedangkan perak oleh diambil DKI lewat skor 458, dan perunggu diraih Bali dengan nilai 455.

Di nomor ganda putri, lewat pesilatnnya Riska Hermawan dan Ririn Rinangsih, Jabar menang dramatis, sebab penilaian mereka dengan Papua sama, hingga harus ditentukan oleh waktu penampilan.

Manajer pencak silat Jabar, Mulyana, mengaku, pencapaian tiga emas di TGR ini diluar prediksi, karena menurutnya Jabar hanya menargetkan dua emas saja.

“Alhamdulillah anugerah yang luar biasa, kita dapat nomor ganda putri, karena target kami tadi, di tunggal putra dan putri,” kata Mulyana setelah pertandingan.

Dia menilai, pada nomor ganda putri memang terjadi persaingan sengit, tapi karena para pesilat tampil luar biasa, sehingga waktu yang diberikan pun sangat tepat menit.

“Dengan catatan waktu, ini luar biasakan, kita pas, mereka (Pesilat Papua) kurang 2 detik,”tambahnya.

Sementara untuk lainnya yakni nomor tunggal putri, medali emas di sabet DKI Jakarta lewat atletnya, Puspa Arumsaru, dengan skor 456. Perak diambil Jabar oleh Risya Gunawan dengan nilai 453, dan perunggu diambil atlet asal Bali Ni Kadek Astini dengan skor 449.

Sedangkan nomor ganda putra, medali emas di raih tuan rumah Papua lewat atletnya Suhardin Ifu dan Lutfi Ebyanto dengan nilai 574. Perak disabet I Putu Anom dan I Kadek Nyeneng dari Bali dengan skor 563, dan Perunggu diambil Jabar lewat Oki Oktaviani serta Zaen Nurdin dengan nilai 561.

Pewarta: Senpi Hilhamsyah
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI