RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jabar Pertahankan Tradisi Emas Karate Kata Putra

Jabar Pertahankan Tradisi Emas Karate Kata Putra

11 Oktober 2021 16:37 WIB
Jabar Pertahankan Tradisi Emas Karate Kata Putra

KBRN, Pekanbaru: Karateka M. Ivan Fairuz Taher, berhasil meraih medali emas bagi Kontingen Jawa Barat (Jabar) yang turun di nomor Kata Putra di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Ivan menang atas Karateka asal Jawa Tengah, Detrina Sabda Nugraha.

Ivan yang baru pertama kali turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kali ini, menampilkan jenis Kata Oyadomari No Passai di partai final dan berhasil memperoleh angka 25.34. Sedangkan Detrina yang menampilkan Kata Sansai hanya meraih angka 24.6.

Sementara Karateka tuan rumah Papua, Kurniawan, harus puas berbagi tempat di peringkat ketiga sebagai peraih medali perunggu bersama Andi Dasril Dwi Darmawan asal Sulawesi Selatan.

Kemenangan ini pun disambut penuh suka cita oleh Ivan. Diakuinya, pencapaian medali emas ini adalah hasil dari proses panjang yang dilakukan selama mengikuti latihan.

"Tentunya sangat senang, alhamdullilah, insyaallah akan saya pertahankan ke depannya," kata Ivan.

Ivan  mengaku telah berlatih selama dua tahun sebelum menjalani debutnya di multi event olahraga terbesar di tanah air. Ia merasa bersyukur mampu meraih sekaligus mempertahankan medali emas untuk Jawa Barat di nomor Kata Putra ini.

"Proses latihannya kurang lebih sudah dua tahun, pokoknya pas dari Pra PON itu memang sudah persiapan," ujarnya.

Satu tambahan medali emas yang didapat kontingen Jawa Barat dari cabang olahraga Karate ini membuat Jawa Barat semakin kokoh di puncak klasemen sementara perolehan medali emas PON XX Papua 2021.

Pewarta: Ririn
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI