RRI

Tuan Rumah Amankan Satu Tiket Semifinal Biliar

11 Oktober 2021 20:50 WIB
Tuan Rumah Amankan Satu Tiket Semifinal Biliar

KBRN, Timika: Satu tiket tuan rumah ke semifinal diamankan Fatih Setia Utami pada cabang olahraga Biliar nomor 9 Ball Female Single atau Bola 9 Tunggal Putri, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Senin (11/10/2021) di GOR Biliar Wangraja SP 2, Mimika, Papua.

Melawan Amanda dari Jawa Barat (Jabar) sukses memenangkan pertandingan dengan skor 7 - 5. 

Amanda merupakan unggulan Jabar, karena sudah mendapatkan satu emas di nomor 10 ball double putri.

Sebagai peraih medali emas Kejurnas Biliar 2021 dari nomor yang sama, Putri tetap ingin mempertahankan gelarnya meski di ajang yang Lebih bergengsi. Bahkan ia bertekad merebut medali emas PON Papua.

Dua game awal, Fatih dan Amanda berbagi skor jadi 1 - 1. Amanda dari Jabar bahkan kembali unggul di game ketiga jadi 1 - 2. 

Tapi Fatih tak mau kalah, dan terus konsisten bermain sehingga tiga game beruntun berhasil dimenangkan dan mengubah skor jadi 4-2.

Amanda berusaha mengejar dan berhasil menang di game ketujuh. Skor berubah jadi 4-3. Ia bahkan gagal menyamakan kedudukan pada game kedelapan, padahal tersisa dua bola yang haru dimasukkan. 

Kesalahan Amanda ini jadi peluang emas Fatih, dan menutup game kedelapan dengan skor 5 - 3.

Membalas kesalahan yang dilakukan, Amanda tampil lebih baik di game kesembilan. Ia berhasil memasukkan semua bola. Skor berubah lagi jadi 5 - 4, namun Fatih tetap memimpin.

Dua game selanjutnya, Amanda dan Fatih berbagi skor jadi 6-5. Akhirnya Fatih menutup permainan dengan skor 7-5. Fatih dinyatakan sebagai pemenang, dan berhak melanjutkan permainan di babak semifinal.

Pelatih Tim Biliar Papua, Agus Fakaubun memgaku sangat puas dengan capaian anak asuhnya. 

Menurut Fakaubun, mencapai final sudah menjadi target karena pada nomor bola 9 female single Papua menurunkan dua pemain andalannya yakni Fatih dan Silviana Lu.

Pewarta: Niar Abdul Litiloly
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI