RRI

Gulat Putra Kaltim Raih Emas Pertama

11 Oktober 2021 22:30 WIB
Gulat Putra Kaltim Raih Emas Pertama

KBRN, Merauke: Pegulat Zainal Abidin meraih medali emas pertama gulat bagi kontingennya Kalimantan Timur (Kaltim) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Senin (11/10/2021).

Zainal terjun di kelas 57 Kg mengalahkan pesaingnya dari Jawa Timur (Jatim) Puji Prastyo yang meraih medali perak, dan Debi Haryanto tim dari Bengkulu meraih medali perunggu.

Dari raihan medali emas perdananya ini, Sekum Pengprov Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kaltim, Sumarlani meengaku bersyukur karena atletnya mampu menyumbangkan medali bagi Bumi Etam.

Dirinya berharap pada pertandingan berikutnya dari 6 atlet yang belum bertanding, dapat meraih prestasi yang diinginkan pada kategori gaya grego putra.

"Ini mudah-mudahan bisa menambah medali lagi nanti. Karen hari Rabu kita nanti ada 3 lagi atlet kita main dan Kamis 3," ucap Sumarlani sambil tersenyum bahagia.

Lebih lanjut, mantan atlet gulat Kaltim tersebut juga sangat berharap pada pertandingan selanjutnya, medali emas ini dapat menular kepada atlet lainnya yang belum bertanding.

"Mudah-mudahan hasil ini juga bisa menjadi pemicu atlet-atlet kita meraih medali emas di gaya grego nanti," harapnya.

Kontingen cabor gulat Kaltim sendiri tidak terlalu menargetkan medali pada cabornya kali ini. Karena menurutnya atlet memberikan hasil yang maksimal saja sudah cukup baginya.

Oleh karena itu untuk pertandingan mendatang, Sumarlani berharap para pegulat Benua Etam untuk dapat menjaga kondisi kesehatan dan mental bertandingnya.

"Saya tidak bisa bicara target karena ini bukan cabang beregu. Namun untuk pertandingan nanti saya berharap kondisi atlet tetap fit," tanda Sumarlani.

Diakhir sesi pemberian medali bagi atletnya, secara langsung Sumarlani yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua III KONI Kaltim ini, memberikan bonus berupa uang tunai senilai Rp 30 juta kepada atlet yang meraih medali emas.

Selain itu, pada kelas 65Kg putra, yakni Ardiansyah, juga turut menyumbangkan medali perunggu bagi kontingen Kaltim.

Pewarta: Rendy Fahlepy
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI