RRI

Jihan Bawa Papua Lolos Semifinal Hand Ball

12 Oktober 2021 08:19 WIB
Jihan Bawa Papua Lolos Semifinal Hand Ball

KBRN, Mimika: Sebagai kreator dalam tim Bola Tangan putri Papua, Jihan Aji Safitra sukses mengantarkan tuan rumah lolos ke babak semifinal, di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua 2021.

Berlangsung di GOR Futsal, Mimika Senin (11/11/2021) siang, Papua mampu menyudahi perlawanan Kalimantan Timur (Kaltim) dengan skor 20-18 pada penyisihan akhir grup A.

Kemenangan ini turut mengantarkan Papua lolos ke semifinal mendampingi Kaltim, yang juga lolos meski menelan kekalahan. Sementara Jawa Timur harus memupus impiannya lolos ke semifinal meski memiliki nilai sama dengan Kaltim dan Papua. Jatim kalah dalam hal total poin yang dikumpulkan dari dua laga.

Namun menariknya, sang kreator serangan Papua, Jihan merupakan putri daerah Kaltim yang sejak 2018 pindah ke Papua. Kepada RRI, Jihan mengaku tetap bermain profesional meski melawan tim yang notabennya adalah tanah kelahirannya.

 “Saya asli orang Balikpapan, tapi tinggal di Jayapura sekarang. Iya (melawan Kaltim) . Menurut saya Papua ini masuk di list pertama saya untuk bisa datang ke Papua. Papua ini mimpi saya untuk datang ke sini,” ujar wanita pecinta travelling ini.

Diakui Jihan, sudah tiga tahun ia dan keluarganya menetap di Jayapura. Sebelumnya, tim bola tangan putri Papua sempat menjalani TC di Purwokerto, sebelum kembali ke Mimika. Jihan merasa tertantang sejak bergabung dengan tim Papua, karena atlet Papua ternyata tidak kalah hebat dengan atlet provinsi lain.

“Tertantang, dan saya percaya Papua itu punya kelebihan semua dan bukan orang – orang di luar sana yang memiliki kemampuan. Tetapi Papua ini keras dan punya kemampuan lebih.

Selain ketertarikannya dalam hal bola tangan, Jihan juga merasakan kekeluargaan masyarakat Papua sangatlah kental. Tidak hanya keindahan alam, namun kekayaan budaya mereka juga patut dibanggakan.

“Sering jalan sama teman-teman dan ketemu keluarga mereka. Bisa tahu di Papua ada apa aja sih. Di Papua yang menarik orang-orangnya, budayanya sama tempat wisatanya yang begitu indah,” ujarnya.

Sementara di grup B bola tangan putri, Jawa Barat berhasil lolos ke semifinal setelah di laga kedua kembali meraih kemenangan. Menghadapi Jawa Tengah, tim Jawa Barat sukses meraih kemenangan 13-10. Selain Jabar, kontingen DKI Jakarta juga dipastikan ke semifinal. 

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI