RRI

Pecahkan Rekor PON, Siti Heroni Sumbang Emas

12 Oktober 2021 17:10 WIB
Pecahkan Rekor PON, Siti Heroni Sumbang Emas

KBRN, Jayapura: Lifter Jawa Barat, Siti Heroni, berhasil meraih medali emas dari cabang angkat berat 63kg putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah membukukan total angkatan 580kg.

Perempuan berusia 26 tahun itu mencatat angkatan terbaik squat 225kg, bench press 147,5kg dan dead lift 207,5kg. Angkatan bench press Siti sekaligus memecahkan rekor atas namanya sendiri 140kg yang pernah diraih pada Pra PON Jabar 2019.

"Diangkatan terakhir itu benar-benar tegang, tapi pelatih bilang kamu sudah memberikan yang terbaik apapun hasilnya. Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan angkatan," ujar Siti usai pertandingan.

Baca : Lifter Jabar Siti Heroni Pecahkan Rekor PON

Siti memulai angkatan squat 207,5kg dan masih perkasa menaklukkan tambahan bobot barbel 217,5kg dan 225kg. 

Pada angkatan bench press pertama, Siti sukses mengangkat beban 140 kg namun pada angkatan kedua 147 kg tidak berjalan mulus karena posisi angkatan yang dinyatakan tidak sah oleh dewan juri. Angkatan ketiga dengan beban yang sama dilakukan dengan mulus.

Sementara itu medali perak jatih pada lifter Lampung, Sari Noviana, dengan selisih total angkatan terpaut 5kg dari Siti. Sari membukukan angkatan squat 215kg, bench press 145kg dan dead lift 215kg.

Perebutan medali perunggu pada kelas 63 kg tidak dilakukan karena jumlah perwakilan provinsi yang ikut lomba kurang dari lima daerah.

Untuk itu empat atlet lainnya harus pulang tanpa medali, masing-mqsing Sari Noviana dari Lampung, Maria Apriani dan Juanita dari Kalimantan Timur, dan Elma Diana Yana dari Papua.

Pewarta: Rian Apridhani
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI