RRI

Jabar Jawara Bulutangkis PON XX Papua

13 Oktober 2021 16:55 WIB
Jabar Jawara Bulutangkis PON XX Papua

KBRN, Jayapura: Kontingen Jawa Barat (Jabar), keluar sebagai juara umum di cabang olahraga (cabor) Bulutangkis Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Rabu (13/10/2021). Jabar berhasil mengoleksi total 3 medali emas, 3 perak dan 1 perunggu dari 7 nomor yang dipertandingkan.

Kepastian Jabar keluar sebagai juara umum ini, setelah partai ke empat nomor ganda putra, pasangan Pramudia Kusumawardana/Muhammad Shohibul Fikri menumbangkan wakil DKI Jakarta, Adnan Maulana/Ghifari Ananda, 21-12 dan 21-10.

Sebelumnya, Saifih Rizka Nurhidayah menyumbangkan medali emas lebih dulu di partai pertama nomor tunggal puteri usai mengalahkan Komang Ayu Cahya Dewi dari Bali melalui rubber game dengan skor 8-21, 21-17 dan 21-18.

Sesudah itu, kontingen Jawa Barat kembali mendulang medali emas dan perak sekaligus di nomor tunggal putera yang mempertemukan all Jabar yakni Syabda Perkasa Belawa dengan rekan setimnya, Panji Ahmad Maulana. Namun, medali emas jatuh ke tangan Panji setelah menang 21-9 dan 21-17.

Sebenarnya, kontingen Jabar bisa menambah kembali perolehan emas di cabor bulutangkis melalui nomor ganda puteri. Namun pasangan Melani Mamahit/Rayhan Vania Salsabila mampu ditundukan Marcheila Gischa Islami/Febriana Dwi Puji Kusuma dari Jawa Timur dengan skor 15-21 dan 12-21.

Sementara itu di nomor ganda campuran, pasangan Rehan Naufal /Marsheilla Islami dari Jawa Timur berhasil merebut medali emas, setelah Bagas Maulana/Indah Sari Jamil dari Jawa Tengah mundur diri di tengah gim ketiga. Pertandingan pun ditutup dengan skor 21-19, 19-21 dan 15-6.

Official Bulutangkis Jawa Barat, Aang Andi Suhandi menyampaikan, sangat bersyukur sehingga Jabar bisa keluar sebagai juara umum di cabor bulutangkis. Capaian ini, kata dia, berkat kekompakan dari tim bulutangkis Jabar dan para atlet.

“Tentunya ini tidak instan, kami dari awal satu minggu sebelum berangkat kita sudah melaksanakan pemusatan latihan di Bandung. Ini tujuannya untuk memadukan para pemain baik yang dari Jaya Raya, Pelatnas dan lainnya. Hasilnya tidak sia-sia, walaupun atlet lain juga bagus,” kata dia.

Ia menambahkan, tiga medali emas yang dicapai tim bulutangkis Jawa Barat ini melebih target yang ditetapkan sebelumnya. Sebab, awalnya tim bulutangkis Jabar hanya menargetkan dua medali emas dari nomor beregu dan perorangan.

“Kita sebenarnya cuma menargetkan dua medali emas saja di nomor beregu dan perorangan, tapi alhamdullilah hasil yang kita peroleh melebih target,” kata dia.

Kontingen Jawa Timur sendiri sendiri menduduki peringkat kedua perolehan medali di cabor bulutangkis PON XX Papua ini dengan total 3 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu. Sementara tuan rumah Papua berhasil menyumbangkan dua medali perunggu dari nomor beregu puteri dan tunggal puteri.

Pewarta: Reski Kurniawan
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI