RRI

Gelaran PON XX Papua Resmi Ditutup

15 Oktober 2021 18:55 WIB
Gelaran PON XX Papua Resmi Ditutup

KBRN, Jayapura: Wakil Presiden (Wapres), K.H Ma'ruf Amin, resmi menutup gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

"Akhirnya, dengan mengucap Alhamdulillahirobbilaalamiin, puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021, secara resmi saya nyatakan ditutup," kata Ma'ruf Amin di acara penutupan PON XX Papua 2021, di Stadion Lukas Enembe, Jumat (15/10/2021).

Ma'ruf Amin juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah dan masyarakat Papua atas penyelenggaraan PON XX Papua yang berjalan lancar dan sukses.

"Sejarah akan mencatat, bawah PON yang untuk pertama kalinya di Bumi Cenderawasih tanah Papua berlangsung dengan sukses. Saya bangga dan terharu, atas tekat dan dedikasi yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Papua, yang bahu membahu menyiapkan dan menyelenggarakan PON kali ini," sebutnya.

Menurutnya, ada beberapa catatan penting yang tidak mudah untuk dilakukan dalam gelaran PON XX Papua kali ini.

Pertama, pembangunan infrastruktur olahraga yang sangat masif dengan standart dan kualitas internasioal.

Kedua, Lokasi penyelenggaraan atau venue tersebar dari Jayapura, Mimika dan Merauke. Jarak antara satu venue dan lainnya merupakan yang terjauh yang pernah ada dalam penyelengaraan PON selama ini.

Dan terakhir, PON kali ini diselenggarakan dalam kondisi pandemi Covid-19 yang menuntut kerja extra dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat.

"Bagi saya ini, merupakan PON tersulit yang bisa diselenggarakan," ujar Wapres.

"Warga Papua bukan saja mampu menyelenggarakannya, tapi ternyata warga Papua bahkan berhasil menyelenggarakannya dengan sempurna. Ini sesuai dengan semboyan torang bisa," tambahnya.

Wapres juga memberikan apresiasi atas kontingen Papua yang berhasil memperoleh 93 medali emas dan menduduki peringkat empat di PON kali ini. Hal itu menunjukkan Papua menjadi kekuatan elite olahraga nasional.

"Ini membuktikan, bumi Papua tidak saja kaya tapi penuh dengan talenta-talenta ini lah yang akan membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi Papua, sehingga kekayaan sumber daya alam akan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Papua sendiri,".

Pada PON XX Papua kali ini, Jawa Barat keluar sebagai juara umum dengan total medali 353. Disusul DKI Jakarta di tempat kedua dan Jatim di tempat ketiga.

Sementara tuan rumah menempati posisi keempat dengan total 261 medali.

PON XXI (21) akan dilakukan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Pewarta: Tegar Haniv Alviandita
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI