RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kontingen Peparnas Sumbar Targetkan Raih Tiga Emas

Kontingen Peparnas Sumbar Targetkan Raih Tiga Emas

1 November 2021 14:05 WIB
Kontingen Peparnas Sumbar Targetkan Raih Tiga Emas

KBRN, Padang: Kontingen Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan meraih tiga medali emas dan masuk dalam jajaran 15 besar nasional pada Pekan Paralimpik Nasional Peparnas ke XVI, di Bumi Cendrawasih Papua, yang berlangsung 6-13 November 2021 mendatang.

Sebanyak 45 atlet dari 9 cabang olahraga (cabor), telah disiapkan dalam rangkaian TC berjalan dan TC penuh yang diikuti semua atlet.

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Sumbar, Rasydi Sumetry mengungkapkan, target tigas emas yang diusung pada Peparnas XVI Papua,  berdasarkan kemampuan dan prestasi yang telah dicapai atlet berkebutuhan, diberbagai ajang kejuaraan baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Ia menyebutkan, dua atlet Sumatera Barat kini mengikuti Pelatnas dan dipersiapkan tampil di ajang Asian Paragames di Vietnam tahun depan.

“Target medali kita dilatarbelakangi, Sumbar akan diperkuat 2 atlet yang kini menghuni pelatnas dan siap tampil di Asian Paragemes Vietnam tahun depan masing-masing Ratih di cabor Renang dan Metri di cabor Tenis Meja,“ ungkap Rasydi Sumetry, Senin (1/11/2021).

Selain itu, di Papua nanti Sumbar juga akan menurunkan atlet peraih medali di Asian Paragames di Dubai 2017 lalu, serta mantan atlet yang tampil di Peparnas XV, Jawa Barat 2016 silam.

“Adapun cabor yang menjadi unggulan kita di Peparnas XVI ini datang dari cabor Atletik, renang, bulu tangkis dan angkat berat, disamping cabor lainnya,” katanya

Sementara itu, Ketua Nasional Paralympic Committee (NPC) Sumbar, Arizal Aries mengungkapkan, sejauh ini persiapkan kontigen Peparnas telah mencapai 95 persen, dan siap untuk mengharumkan Sumatera Barat diajang Peparnas nanti. 

Adapun, materi atlet Sumbar yang akan tampil di Papua nanti merupakan atlet berkebutuhan khusus dengan kategori Tuna Daksa, Tuna Rungu, Tuna Grahita, dan Tuna Netra

"Alhamdulillah persiapan kita sudah maksimal atau sudah 95 persen, dan tentunya kita berharap dukungan dan doa masyarakat Sumatera Barat, semoga kita berprestasi di ajang Peparnas nanti,” harap Ketua NPC Sumbar.

Adapun 9 dari 12 cabang olahraga yang diikuti Sumatera Barat di ajang Peparnas XVI  Papua yang digelar di dua klaster masing-masing kota Jayapura dan kabupaten Jayapura yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, panahan, renang, tenis meja.

Sedangkan 3 cabor yang tidak diikuti seperti cabang sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda, dan menembak.

Pewarta: Iwan Setiawan
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI