RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kesiapan Catur 95 persen, 70 Medali Diperebutkan

Kesiapan Catur 95 persen, 70 Medali Diperebutkan

5 November 2021 06:55 WIB
Kesiapan Catur 95 persen, 70 Medali Diperebutkan

KBRN, Jayapura: Baharudin Hasan selaku Ketua Panitia Pelaksana Cabor Catur Peparnas XVI Papua menyebut, 38 nomor akan dipertandingkan dengan 210 medali  diperebutkan atlet catur difabel pada Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua. Hingga H-3 pelaksanaan pertandingan, kesiapan telah mencapai 95 persen. Melihat kesiapan yang ada Baharudin yakin pelaksanaan cabor catur berjalan baik sesuai rencana.

Adapun dari 38 nomor catur yang dipertandingkan yakni Tuna Netra  B1, Tuna Netra B2 dan B3, tuna daksa serta tuna rungu wicara.

"Ada 38 nomor yang dipertandingkan, medalinya 70 emas, perak dan perunggu, masing-masing 70. Kalau untuk kesiapan sih udah 95 persen, dan kami yakin lihat persiapan yang ada, pelaksanaan cabor catur Peparnas berjalan lancar," jelas Ketua Panpel Cabor Catur Peparnas di Hotel Sahid Jayapura, Kamis (04/11/2021).

Sementara itu untuk menyatukan persepsi  para wasit yang bertugas, bimbingan teknis telah dilakukan. Hal ini agar seluruh wasit yang bertanding punya pemahaman yang sama dalam mengawasi dan menerapkan aturan pertandingan, yang tentunya wasit harus netral tidak berpihak pada atlet manapun. Wasit yang akan memimpin pertandingan tidak saja wasit yang berdomisili di Papua, namun juga terdapat 30 wasit dari luar daerah.

"Untuk wasit juga kami sudah lakukan bimtek, ya supaya semua punya pemahaman yang sama dalam memimpin pertandingan," imbuh Baharudin.

Untuk nomor catur tuna netra, telah disiapkan catur khusus agar memudahkan pecatur dalam mengenali jenis buah catur, termasuk posisi buah catur yang dijalankan dan pergerakan permainan lawan. 70 meja telah disiapkan baik itu meja kecil untuk perorangan maupun meja panjang untuk beregu. 

Pewarta: Imam Komarudin
Editor: Nugroho
Sumber: RRI