RRI

Renang Riau Targetkan 30 Medali Peparnas Papua

5 November 2021 11:40 WIB
Renang Riau Targetkan 30 Medali Peparnas Papua

KBRN, Jayapura: Atlet para renang Riau hingga hari ini terus melakukan latihan maksimal termasuk juga pengenalan kolam  Stadion Akuatik Kampung Harapan Kabupaten Jayapura yang menjadi venues pertandingan Pekan Paralimpik Nasional, Peparnas XVI tahun 2021 Papua. 

Pada Peparnas kali ini National Paralimpic Comotte (NPC) Riau menerjunkan 22 perenang terdiri dari 15 atlet putra dan 7 putri.  

“Untuk persiapan secara teknis atlet para renang Riau saat ini dalam kondisi terbaik dan siap memberikan yang terbaik di arena Peparnas kali ini," ungkap Zulkifli Pelatih Renang Riau di Kabupaten Jayapura Jumat (5/11/2021). 

Dengan materi atlet yakni elit dan atlet muda progres persiapan jelang Peparnas sangat menggembirakan dan kini tinggal mengjkondisikan strategi khususnya untuk atlet serta nomor yang diproyeksikan raihan medali.

“Sesuai peta persaingan Riau membidik raihan 30 medali para renang Peparnas Papua terdiri dari 15 emas, 5 perak serta 10 perunggu ini menjadi pekerjaan berat dan semoga  bidikan ini bisa tercapai,” harap Zulkifli.

Dijelaskannya, berapa atlet yang diharapkan bisa menjadi andalan Riau di arena para renang Peparnas diantaranya paralimpian Suci Indriani, Zaki Zulkarnain termasuk atlet muda harapan Rahmatullah dan M. Gerry Fahker serta berapa atlet senior lainnya. 

“Kami meminta dukungan serta doa dari Masyarakat Riau mereka bisa mencapai prestasi terbaik bagi bumi lancang kuning di Peparnas,” imbuh Zulkifli.

Mengenai peta persaingan seperti pada Peparnas sebelumnya untuk para renang, Riau tetap mewaspadai kekuatan dari atlet Jawa Tengah yang menjadi kekuatan nasional, termasuk tuan rumah Papua, Kalimantan Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Cabang olahraga para renang Peparnas XVI Papua berlangsung mulai 18-13 November akan mempertandingan 192 nomor dari 12 klasifikasi dari lima gaya pada lima katagori putra-putri.

Jika dihitung secara keseluruhan, cabang para renang pada Peparnas Papua akan memperebutkan 192 keping medali emas, masing-masing 105 untuk putra dan 87 untuk sektor putri.

Sedangkan lima katagori itu masing-masing gaya bebas meliputi 50m, 100m, 200m, dan 400m. Sementara gaya dada, gaya kupu-kupu, dan gaya punggung masing-masing 50m dan 100m, temasuk untuk  gaya ganti hanya melombakan nomor 200m.

Pewarta: Ririn
Editor: Nugroho
Sumber: RRI