RRI

Peparnas Papua Momentum Meraih Prestasi

5 November 2021 21:30 WIB
Peparnas Papua Momentum Meraih Prestasi

KBRN, Jayapura: Pekan Paralimpic Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 telah resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Stadion Mandala Kota Jayapura, Papua Jum'at (5/11/2021) malam.

Dalam rangkaian acara sebelumnya Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun mengajak atlet penyandang disabilitas untuk meraih prestasi setinggi mungkin pada Peparnas edisi tahun ini.

"Sekaranglah saatnya bagi kita terbuka peluang lebar-lebar untuk melatih diri, disiplin diri mengejar prestasi maksimal guna ikut mengharumkan nama bangsa dan negara," kata Senny Marbun.

Diakuinya, saat ini perlu disyukuri di era Presiden Joko Widodo seluruh masyarakat yang bernaung dalam pembinaan NPC Indoneesia memiliki kesempatan dan mendapatkan hak yang sama dengan olahragawan bukan penyandang disabilitas.

”Hanya Presiden Jokowi yang berani sejajarkan harkat dan martabat olahragawan penyandang disabilitas sama dengan olahragawan bukan penyandang disabilitas,” imbuh Senny Marbun.

Dalam kesempatan itu juga diceritakan, pasca kepulangan dari Paralimpiade Tokyo dan diterima di Istana Bogor, Presiden Jokowi memberikan arahan kepada NPCI bahwa untuk pembibitan ke depan NPC akan dibangunkan pusat pembinaan dan latihan (training camp) yang luasnya 5 hektare.

“Ini adalah suatu mukjizat dari Tuhan, bahwa negara pun sudah memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan luar biasa untuk prestasi-prestasi yang kita capai selama ini,” tambahnya.

Selanjutnya, Senny mengajak agar semua pihak tetap bersyukur karena olahraga penyandang disabilitas tengah mengalami perkembangan yang sangat spektakuler dari komponen masyarakat nasional maupun internasional.

"Tentu kita masih ingat Indonesia dipercaya untuk menyelenggarakan Asian Para Games ke-3 pada tahun 2018 yang lalu. Indonesia sebagai tuan rumah patut bangga karena penyelenggaraan tersebut sukses luar biasa dan menjadi buah bibit di mancanegara," ungkap Senny.

Dia menambahkan, akumulasi prestasi saat ini dapat digunakan sebagai cambuk untuk meraih prestasi prestasi setinggi mungkin. Selain itu, ia mengharapkan atlet disabilitas tidak pernah putus asa. 

"Jangan pernah berkecil hati kalau merasa gagal di satu hal, cobalah membuka alinea baru untuk mengakses diri menuju prestasi yang bisa banggakan bagi nusa dan bangsa," tuturnya.

Dalam sambutannya Senny Marbun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua yang telah mau menerima kehadiran seluruh masyarakat disabilitas dari seluruh penjuru Nusantara tentunya untuk ikut menyukseskan terselenggaranya PON dan Peparnas di Bumi Cendrawasih.

Pewarta: Adi Wiyono
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI