RRI

5 Atlet Difabel Pembawa Obor Peparnas XVI Papua

6 November 2021 01:30 WIB
5 Atlet Difabel Pembawa Obor Peparnas XVI Papua

KBRN, Jayapura : Ada sebanyak 5 atlet berprestasi asal Papua dipercayakan untuk mengarak obor api Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XVI Papua hingga dinyalakan pada kaldron api di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Jumat (5/11/2021).

Obor api tersebut dibawakan secara estafet oleh kelima atlet yang menandakan pelaksanaan multi event bagi penyandang disabilitas PEPARNAS XVI Papua resmi dimulai pada tanggal 5-15 November 2021.

Kelima atlet itu adalah, Menaser Numberi atlet cabang olahraga renang, peraih medali emas pada Asean Para Games  Nyanmar tahun 2014, Lince Suebu atlet cabang olahraga renang, peraih dua medali emas PEPARNAS XV Jawa Barat tahun 2016.

Kemudian di estafetkan kepada Dapiel Bayage atlet cabang olahraga atletik, peraih medali emas pada Asean Para Games Malaysia tahun 2017.

Dan yang terakhir disampaikan Idayani atlet peraih medali perak cabang olahraga atletik pada Asean Para Games Malaysia tahun 2017 dan Marinus Melianus Jowei peraih medali emas pada Asian Para Games Korea Selatan tahun 2014.

Pelaksanaan PEPARNAS XVI Papua mempertandingkan 12 cabang olahraga yakni Tenis Meja, Tenis Lapangan Kursi Roda, Bulu Tangkis, Boccia, Catur, Sepakbola CP, Panahan, Menembak, Atletik, Renang, Judo Tunanetra, dan Angkat Berat yang diikuti 1.985 atlet dari 33 provinsi se-Indonesia.

Seremoni pembukaan PEPARNAS XVI Papua resmi dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, serta tarian kolosal melibatkan 950 seniman Papua mencerminkan 5 wilayah adat dari Papua yang dulu hingga yang sama kini dan dihiasi pertunjukan lighting 500 drone dengan thema pembukaan PEPARNAS XVI Papua "Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua”.

Pewarta: Naldi Kesaulya
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI