RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gubernur Khofifah Semangati Atlet Jatim di Papernas

Gubernur Khofifah Semangati Atlet Jatim di Papernas

6 November 2021 17:30 WIB
Gubernur Khofifah Semangati Atlet Jatim di Papernas

KBRN, Surabaya : Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua yang berlangsung mulai Jumat, 5 November 2021, telah dibuka di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua.

Para atlet Peparnas sendiri telah tiba di Papua sejak Selasa (2/11) lalu. Mereka menjalani klasifikasi dan keabsahan sebelum mulai bertanding di arena mulai 6 - 13 November 2021. Sebanyak 1.985 atlet dari 34 provinsi akan bertanding dalam pesta olahraga tersebut.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga  memberikan semangat dan dukungan kepada kontingen Jawa Timur yang akan berlaga pada Pekan Paralimpik Nasional XVI di Papua 2021.

Melalui instagram pribadinya @khofifah.ip, Gubernur KHofifah menuliskan, jika Jatim  mengirimkan puluhan atletnya, yang akan bertanding pada 10 cabang olah raga (cabor).

"Provinsi Jawa Timur mengirimkan puluhan atlet yang akan bertanding di 10 cabang olahraga pada Pekan Paralimpik Nasional XVI di Papua tanggal 5 - 15 November 2021," tulis Gubernur Khofifah, Selasa (2/11).

Khofifah juga berpesan kepada seluruh atlet yang akan berlaga, untuk menjaga nama baik Jawa Timur, serta menjunjung tinggi entitas budaya setempat.

"Dan membawa pesan persahabatan antara masyarakat Jatim dan Papua. Jangan lupa, Kitorang Basudara. Jatim Menang!," tulis mantan Menteri Sosial RI ini.

Sementara Tim Renang Jatim untuk Pekan Paralimpik Nasional (Papernas) XVI/2021 Papua, mematok 6 medali emas, 3 perak dan  2 perunggu. 

Koordinator Cabor Renang Papernas XVI Jatim, Ribut Budiono mengatakan, pada ajang Peparnas Papua, sejumlah atlet renang paralimpik Jatim juga  telah mengikuti Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) selama empat bulan.

Lebih lanjut Ribut Budiono menjelaskan, persiapan tim renang Papernas XVI 2021 Jatim menuju Papua, dengan base camp di Unesa sudah dilakoni. 

"Mereka kompak menjawab jika sudah menjalani program latihan sejak jauh-jauh hari dan siap mempersembahkan yang terbaik buat Jatim," ujarnya.

’Alhamdulillah, persiapan para atlet hingga kini bisa terkondisikan secara baik. Program-program latihan cukup, tinggal nanti seluruh atlet harus mampu mengeluarkan penampilan terbaiknya pada Papernas XVI Papua," sambungnya. 

Tim renang Papernas Pelatih terdiri atas Ribut Budiono yang juga  Staf Dinsos UPT RSBN Malang) dan  Kunjung Ashadi ( Dosen Unesa)

Sejumlah atlet yang dipetrjunkan dalam Peparnas Papua ini, meliputi 1. Yosep Andrianto ( ex klien UPT RSBN MLNG). Dari kab. Pasuruan  , 2. Mutiara Cantik H. (  kab. Nganjuk) Daksa aper, 3. Maulana Rifky ( Kab. Gresik) Tunang netra S. 12, 4. Naziyah ( Kab. Gresik) Daksa aper, 5. Inggita Prameswari D. ( Rungu Wicara) kab. Kediri, 6. M. Ali ( Kab. Malang) Daksa lower, 7. Lukman hakim ( Daksa lower) Kota probolinggo, 8. Farid Risuhan ( Daksa lower) kab. Jember.

Seperti diketahui, Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua memperlombakan 12 cabang olahraga dengan 602 nomor pertandingan. Cabang olahraga tersebut adalah angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola Cerebral Palsy, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Pewarta: Benny Hermawan
Editor: Nugroho
Sumber: RRI