RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Sumbang Emas Kedua, Juliantik Dibopong Bah 'Pahlawan'

Sumbang Emas Kedua, Juliantik Dibopong Bah 'Pahlawan'

8 November 2021 11:40 WIB
Sumbang Emas Kedua, Juliantik Dibopong Bah 'Pahlawan'

KBRN, Jayapura: Sumatera Utara kembali menambah pundi - pundi medali pada hari ketiga Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2021. Medali disumbangkan melalui cabor atletik yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe Sentani, Papua Senin (8/11) pagi. Total Sumut menambah 2 emas, 2 perak, 2 perunggu. 

Medali emas pertama disumbangkan Juliantik melalui nomor lempar lembing F55 putri. Juliantik sukses melakukan lemparan sejauh 12,27 meter. Ini adalah emas kedua Juliantik, yang sebelumnya ditorehkan melalui nomor tolak peluru. Medali emas kedua juga dipersembahkan Alan Sastra Ginting di nomor lempar cakram F57 putra. Alan mencatatkan lemparan terjauh 41,57 meter.

Rasa bahagia dan sumbringah tampak jelas di wajah Juliantik usai perlombaan. Juliantik lantas digendong sang pelatih bak 'pahlawan', sambil meneriakkan "Sumut Luar Biasa". Prestasi ini tentu sangat membanggakan, karena Juliantik baru tampil perdana di cabor atletik, setelah sebelumnya pada Peparnas 2016 bermain di angkat berat.

Juliantik mengaku terharu bisa memberikan medali emas bagi Sumut. Perjuangan keras selama pelatda tak sia - sia melahirkan dua emas di tanah cenderawasih.

"Alhamdulillah bisa dapat emas. Saya bersyukur lemparan kali ini lebih baik dari hasil latihan di daerah. Bersyukur lah bisa meraih emas lagi," ujar Juliantik.

Panas terik matahari tidak menyurutkan Juliantik untuk tampil maksimal. Dukungan penuh dari rekannya dan official, menambah semangat bertanding.

"Emas saya persembahkan untuk masyarakat Sumut, pelatih, kawan - kawan lain sesama atlet dan terkhusus ibu saya," ujarnya.

Sumut juga menambah medali perak melalui Evy Yunita Pohan di nomor balap kursi roda 400 meter putri. Kemudian Ainin Trisea Yunanda di nomor lempar lembing F56 putri. 

Perunggu juga dipersembahkan Pamelius Goawa di nomor T13 putra dengan catatan waktu 55,47 detik. Perunggu kedua melalui Ahmad Fauzy di nomor lempar cakram dengan lemparan sejauh 21,87 meter. 

Dengan tambahan tersebut, cabor atletik telah mengumpulkan 9 emas 7 perak, dan 3 perunggu. Sedangkan Sumut total mengumpulkan 10 emas, 7 perak, 3 perunggu setelah cabor catur menambah satu emas melalui Catrina Dwi Haloho di nomor catur cepat putri.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Nugroho
Sumber: RRI