TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hujan Lebat, Berpotensi Banjir di Sejumlah Daerah

Hujan Lebat, Berpotensi Banjir di Sejumlah Daerah

9 November 2021 02:36 WIB
Hujan Lebat, Berpotensi Banjir di Sejumlah Daerah

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan mengenai terjadinya potensi hujan lebat yang dapat berisiko menimbulkan adanya banjir di sejumlah provinsi di Indonesia, di antaranya provinsi yang ada di wilayah Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Sedangkan pada Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua juga berpeluang menghadapi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut prakiraan cuaca yang disiarkan di laman BMKG pada Senin, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat dapat terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Hujan dengan intensitas yang lebih ringan berpotensi terjadi di Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

BMKG juga menyampaikan peringatan bahwa hujan lebat dapat membuat beberapa provinsi masuk dalam kategori siaga banjir, yakni Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.


Sumber: TVRI