RRI

Judo Peparnas, Tuan Rumah Papua Tambah Emas

9 November 2021 20:50 WIB

KBRN, Jayapura  :    Tim Judo tuna netra tuan rumah Papua masih pimpin daftar perolehan medali di arena Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 pada hari kedua Selasa (9/11/2021) yang berlangsung di GOR Trikora Uncen, Kota Jayapura.

Hingga  hari kedua para judoka Papua mampu mendulang 3 medali emas, 2 perak dan satu medali perunggu.

Tambahan emas Papua hari kedua dipersembahkan Novia Larassati yang turun pada  kategori putri kelas 48 kg setelah dilaga final unggul atas judoka  Nurhayati asal Jawa Barat yang mendapatkan perak.

Tim judo Jawa Barat menempel ketat dengan raihan 3 medali emas, 1 medali perak dan tiga medali perunggu.  Hari kedua Jabar menambah emas lewat persembahan Jaka Setiadi kelas 66 Kg putra dan Denny Marsyelina yang turun dikelas 52 kg putri.

Jaka Setiadi sukses merebut medali emas menyusul kemenangan saat bertemu dengan judoka asal Bali Kadek Agus Marjaya difinal. Medali perunggu kelas 66 kg itu dibawa pulang Harjono Tarihoran dari Riau dan Marten Tri Putra asal Sumartera Utara.

Selanjutnya dikelas 52 kg putri Denny Marsyelina tampil sebagai yang terbaik menyusul suskes mengalahkan judoka tuan rumah Papua Scolastika Nadya Valentine, sedangkan medali perunggu diraih Sri Sugiyanti dari Jawa Tengah.

Pada posisi ketiga ditempati Kalimantan Selatan  yang berhasil mengumpulkan satu medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu.  Medali emas Kalsel dihasilkan melalui judoka kelas 60 kg Syahrudin yang difinal memenangkan pertarungan atas sesama rekan daerahnya Zainal Abidin difinal.

Sementara  medali perunggu kelas 60 kg putra berhak didapatkan oleh Agung Gondolimo asal Jawa Timur dan Atep Sulaeman asal Jawa Barat.

Pada cabang olahraga judo tunanetra, total terdapat setidaknya 20 nomor pertandingan untuk putra dan putri yang akan memperebutkan total 112 medali dengan rincian 28 emas, 28 perak dan 56 perunggu.

Pewarta: Adi Wiyono
Editor: Adi Wiyono
Sumber: RRI