RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Peparnas 2021 Papua, Tuan Rumah Berjaya di Cabor Judo Tuna Netra

Peparnas 2021 Papua, Tuan Rumah Berjaya di Cabor Judo Tuna Netra

12 November 2021 11:00 WIB
Peparnas 2021 Papua, Tuan Rumah Berjaya di Cabor Judo Tuna Netra

KBRN, Jayapura: Tuan rumah Papua sukses menyabet 8 medali emas dai cabang olahraga (cabor) Judo Tuna Netra Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021.

Hasil itu sangat jauh dibandingkan urutan kedua yang ditempati tim Jawa Barat yang baru mengemas 4 medali emas, kemudian Kalsel 2, serta Riau dan Jateng 1 emas.

Cabor Judo Tuna Netra Peparnas digelar di GOR Trikora komplek Uncen Jayapura menyelesaikan hari Kamis (11/11/2021) beberapa nomer final 3 di antaranya diraih Papua dari berbagai kelas.

Emas pertama dipersembahkan  Yovan Rate Aziz di kelas (–50 Kg) putra, kemudian Junaedi kelas (–55 Kg) putra dan Saul Nicodemus kelas (–73 Kg) putra.

Pada hari sebelumnya Papua juga sudah memborong 5 medali emas melalui Novia Larasati kelas (-48 kg) putri, Tri Setyani kelas (–57 kg) putri Nurul Fadilah (–63 kg)  putri, Disiana  (+73 kg) putri dan Maemunah (–70 Kg) putri.

Pelatih Judo tim Papua Endang Sri Lestari mengaku puas atas capaian itu anak asuhnya di ajang Peparnas 2021. Sebab pada awalnya kontingen NCp Papua hanya memberikan target 5 medali emas.

“Ya, kami memberikan apresiasi kepada seluruh atlet dan tim pelatih yang melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh serta sesuai dengan porsinya terutama saat menjalani pelatda jelang tampil di Peparnas 2021 Papua,” ungkap Endang yang pernah memperkuat timnas Sea Games 4 kali dan Asian Games 1 kali.

Kendati sudah melebihi target namun  Endang Sri Lestari tetap berharap pada hari terakhir Papua dapat menambah medali dari beberapa nomor final yang dimainkan.

“Semoga pada hari terakhir, Papua dapat menambah medali emas lagi,” harapnya

Sementara itu Ananta Hendri Setiawan selaku pelatih fisik tim Judo Papua menambahkan bahwa hasil jerih payah yang dilakukan selama pelatda tidaklah sia-sia dan dibayar tuntas saat tampil di Peparnas.

“Ya, keberhasilan Papua adalah keberhasian bersama. Hal itu sebagai buah dari kerja keras yang dilakukan semua tim mulai dari atlet, pelatih hingga pengurus,” ujar Ananta.

Hingga Kamis (11/11/2021) malam dominasi tuan rumah Papua dalam pengumpulan medali pada Peparnas 2021 juga tidak tergoyahakan dan bertengger di urutan pertama  dengan 88 emas, 53 perak 53 perunggu, didudul tempat kedua Jawa Barat 64 emas 53 perak 46 perunggu Jateng tempat ketiga dengan 59 emas 41 perk 47 perunggu keempat adalah Kalsel 29 emas 24 perak 34 perunggu serta poisisi lima besar adalah Sumatra Utara 20 emas 22 perak dan 9 medali perunggu.

Pewarta: Edwi Puryono
Editor: Nugroho
Sumber: RRI