RRI

Tutup Peparnas, Jokowi Sampaikan Pesan Penting

13 November 2021 18:40 WIB
Tutup Peparnas, Jokowi Sampaikan Pesan Penting

KBRN, Jayapura: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, pesta olahraga Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua menjadi ajang penyampaian pesan penting.

Presiden Jokowi mengutarakan, Peparnas telah menunjukkan bahwa kesulitan bukanlah penghalang, karena kesuksesan bisa diraih dengan kerja keras dan konsistensi.

"Peparnas ini menyampaikan banyak pesan. Peparnas menunjukkan bahwa kesulitan bukan halangan, dengan konsistensi dan kerja keras, segala kesulitan bisa kita atasi, bahkan berbagai prestasi bisa kita raih," ujar Kepala Negara dalam sambutan penutupan Peparnas XVI di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Provinsi Papua, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (13/11/2021). 

Jokowi menambahkan, Peparnas dan PON yang telah sukses terselenggara dengan baik menunjukkan bahwa olahraga nasional Indonesia bangkit.   

"Melalui PON dan Peparnas di Provinsi Papua ini, kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. Kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan dan bersama-sama meraih prestasi yang mengharumkan nama bangsa dan negara," ujar Jokowi. 

BACA JUGA: Jokowi Tutup Peparnas Papua: Torang Hebat!

Presiden pun berterima kasih kepada semua pihak, bahwa atas kerja keras mereka semua, Peparnas XVI sukses terlaksana.

"Sekali lagi, terima kasih atas kerja keras semua pihak yang telah mensukseskan Peparnas XVI ini. Saya tegaskan sekali lagi, bukan hanya torang bisa, tapi semua ini menunjukkan bahwa torang hebat!" ujar Presiden Joko Widodo dengan lantang.

Tak lupa, Jokowi juga menantikan Peparnas XVII yang akan diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

"Dengan mengucap syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan mengucap Alhamdulillahirobbil 'alaamin, malam hari ini, Pekan Paralimpik Nasional ke XVI di Papua tahun 2021 secara resmi saya tutup, sampai jumpa di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh," pungkas Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan meriah semua hadirin di Stadion Mandala, Jayapura, malam ini, waktu Papua.

Provinsi Papua menjadi juara umum Peparnas XVI dengan raihan medali 125 emas, 85 perak, dan 85 perunggu.

Posisi kedua menjadi milik Provinsi Jawa Barat dengan raihan 102 emas, 85 perak, dan 69 perunggu.

Provinsi Jawa Tengah masuk dalam posisi tiga besar dengan raihan 88 emas, 55 perak, dan 72 perunggu.

Adapun posisi keempat ditempati oleh Kalimantan Selatan dengan 39 emas, 42 perak, dan 43 perunggu.

Provinsi Sumatera Utara masuk dalam lima besar dengan raihan 27 emas, 32 perak, dan 15 perunggu. (Miechell Octovy Koagouw)

Pewarta: Pradipta Rahadi
Editor: Nugroho
Sumber: RRI