TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Berkunjung ke Ende, Ganjar Kenang Perjuangan Bung Karno

Berkunjung ke Ende, Ganjar Kenang Perjuangan Bung Karno

3 Desember 2023 10:39 WIB
Berkunjung ke Ende, Ganjar Kenang Perjuangan Bung Karno

TVRINews, Ende

Calon Presiden (Capres) usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo menyempatkan diri mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno saat berkunjung ke Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Dalam kesempatannya, Ganjar mengenang sosok perjuangan Soekarno untuk bangsa ini. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menceritakan Bung Karno sempat merenung di bawah Pohon Sukun hingga akhirnya menorehkan lima sila dalam Pancasila. Bagi Ganjar, tempat itu selalu menjadi aspirasinya untuk membangun bangsa. 

“Dengan segala kreativitasnya, tonil, lukis, edukasi, dan ada inspirasi luar biasa sampai akhirnya merenung di bawah pohon sukun yang menghasilkan lima sila Pancasila. Sangat bersejarah,” kata Ganjar yang dikutip tvrinews.com, Minggu, 3 Desember 2023.

Ganjar sangat menghayati bagaimana Pancasila terlahir melalui perjuangan pendiri bangsa yang tidak mudah karena penuh dengan semangat nasionalisme yang tinggi. 

Ia pun meminta masyarakat untuk menghargai perjuangan para pendiri bangsa dengan tidak korupsi dan nepotisme, agar apa yang telah ditorehkan Bung Karno bisa diterapkan.

“Jangan korupsi, jangan kolusi, jangan nepotisme, karena di sinilah pahlawan kita menyerahkan seluruh harta, nyawa, tenaga, pikiran, semuanya, kita harus menghormati mereka,” ujar Ganjar.

Selain itu, dirinya juga meninjau berbagai peninggalan Bapak Proklamator Indonesia ketika diasingkan oleh Belanda dan menjadi tahanan politik pada 1934-1938 lalu. Beberapa koleksi benda dan bangunan masih tersusun rapi dalam rumah tersebut, yakni setrika, ketel, piring-piring, tongkat, lampu, pegangan korang, lukisan, hingga biola. 

Terdapat juga sumur yang menjadi tempat Bung Karno memenuhi kebutuhan airnya. Ganjar pun sempat membasuh wajah dan kakinya dari air sumur tersebut.

Pewarta: Christhoper Natanael Raja
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI