RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Amankan Pemilu, Baharkam Polri Jamin Pengamanan di Pulau-pulau

Amankan Pemilu, Baharkam Polri Jamin Pengamanan di Pulau-pulau

1 Desember 2023 18:55 WIB
Amankan Pemilu, Baharkam Polri Jamin Pengamanan di Pulau-pulau
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadhil Imran memberikan sambutan dalam acara syukuran HUT ke-73 Polairud di Mako Direktorat Polisi Udara (Dit Poludara) Pondok Cabe, Tangerang Selatan. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Tangerang: Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadhil Imran menegaskan kesiapan jajarannya dalam pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024. Kegiatannya mulai dari tahapan, distribusi logistik hingga pelaksanaan pencoblosan.

“Polairud presisi siap mengamankan Pemilu untuk Indonesia maju. Polairud bertekad mensukseskan jalannya tahapan pemilu, mengamankan TPS di pulau-pulau, mengantarkan dan membantu KPU untuk distribusi logistik Pemilu,” ujar Fadhil, Jumat (1/12/2023).

Tak hanya itu, Baharkam Polri juga telah mensimulasikan sejumlah rencana kotigensi dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu tahun depan. “Baik melakukan kontigensi plan, mengangkut pasukan dan personel manakala terjadi peningkatan eskalasi,” ucap Fadhil.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini juga menerangkan, dalam pengaman Pemilu 2024 pihaknya menyiagakan kurang lebih 11 ribu personel. Dibantu personel polisi dari Kepolisian Daerah (Polda).

“Secara pasti jumlah personel dilibatkan, karena di satgas Polri ada dua, operasi pusat dan derah. Di Mabes Polri saja 11 ribu, di Polda-polda di Dir Polair di bawah para Kapolda,” kata Fadhil, menjelaskan.

Dari sisi peralatan persenjataan Baharkam Polri, juga dikerahkan sejumlah kapal laut dan helikopter yang dioperasikan dalam pengamanan Pemilu. “Kapal yang dikerahkan semua jenis C2 dan A3 enam, di Polda-polda yang rawan,” ujarnya.

Dalam mendukung upaya menjaga keamanan dan ketertiban umum, Baharkam Polri juga akan terus menambah peralatan persenjataannya. Khususnya berupa helikopter dan kapal cepat yang akan disiapkan di daerah-daerah, khususnya di wilayah perbatasan.

“Modernisasi di jajaran Polair akan terus dilakukan sesuai kemampuan dan dukungan negara. Tahun ini penambahan heli AW 19 sebanyak 11 unit ditempatkan di seluruh Polda, ditambah kapal-kapal cepat," ujarnya, menjelaskan.

Diketahui, Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadhil Imran menghadiri dan menggelar syukuran HUT ke-73 Polairud. Lakasinya di Mako Direktorat Polisi Udara (Dit Poludara) Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Beri
Sumber: RRI