RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Harapkan Argumentasi Debat Capres-Capres Tidak Muluk-muluk

KPU Harapkan Argumentasi Debat Capres-Capres Tidak Muluk-muluk

1 Desember 2023 13:07 WIB
KPU Harapkan Argumentasi Debat Capres-Capres Tidak Muluk-muluk
Tiga pasangan capres-cawapres (dari kiri ke kanan) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengikuti Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin, (27/11/2023) (Foto: rri.co.id/Chaarly Lopulua).

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengharapkan, argumentasi capres-cawapres dalam debat Pilpres 2024 tidak muluk-muluk, atau berlebihan. Argumentasi yang dilontarkan diharapkan mampu menumbuhkan antusiasme masyarakat.

"Yang namanya program, visi-misi yang di-breakdown ke program, akan berkaitan dengan anggaran negara. Ketika mau menyusun program kerja dalam durasi lima tahun, kan juga berbasis ketersediaan APBN," katanya, Jumat (1/12/2023).

Hasyim menegaskan, KPU bakal memfasilitasi penuh paslon capres-cawapres. KPU bahkan berencana memfasilitasi pertemuan antara Bappenas hingga Kementerian Keuangan.

"Di situ, katakanlah, akan sama-sama membuka anggaran negara kita atau kondisi keuangan kita seperti apa. Supaya kemudian apa yang mau disusun paslon berpijak kepada fakta kemampuan anggaran kita," ucap Hasyim.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan, tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2024 akan melakukan debat sebanyak lima kali. Debat ini akan mengusung berbagai macam tema.

"Debat pertama, Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Debat kedua, Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional," ujar Idham.

Adapun debat ketiga, lanjutnya, akan mengusung tema ekonomi kerakyatan dan digital. Debat ini menitikberatkan persoalan kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur.

"Debat keempat, soal Energi, SDA, SMN, pajak karbon, lingkungan hidup, dan agraria, dan masyarakat adat. Debat kelima, teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (Post-Covid Society), dan ketenagakerjaan," ucap Idham.

Jadwalnya, debat capres-cawapres digelar sebanyak dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024. Debat terakhir dilangsungkan pada Februari 2024.

Berikut jadwal debat capres-cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023

2. Jumat, 22 Desember 2023

3. Minggu, 7 Januari 2024

4. Minggu, 14 Januari 2024

5. Minggu, 4 Februari 2024.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI