RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pencetakan Surat Suara Pilpres Luar Negeri Rampung

Pencetakan Surat Suara Pilpres Luar Negeri Rampung

1 Desember 2023 13:05 WIB
Pencetakan Surat Suara Pilpres Luar Negeri Rampung
Penampakan desain surat suara Pilpres 2024. (Foto: Humas KPU RI)

KBRN, Jakarta: KPU mengatakan, surat suara Pilpres 2024 untuk luar negeri (LN) telah rampung 100 persen. Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, surat suara tersebut kini dalam proses pelipatan dan sortir.

"Sudah cetak, kemarin waktu kita konpers logistik pemilu, 1,7 juta pemilih kita di LN. Untuk daerah pemilihan Jakarta II dan pilpres sudah selesai," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Jumat (1/12/2023)

Hasyim menyebut, surat suara yang sudah dikirim ke LN pada gelombang pertama mencapai 48 persen. Surat suara tersebut, dikirimkan ke 16 wilayah di Afrika, 11 wilayah Amerika Latin, dan 9 wilayah di Amerika.

"29 wilayah di Eropa, ke zona-zona yang di siaran pers kan. Sudah ada yang kita kirim gelombang pertama, sekarang sedang dilipat, sortir, dipersiapkan kirim ke luar negeri," ucap Hasyim.

Sebelumnya, Komisioner KPU Yulianto Sudrajat mengatakan, desain surat suara Pilpres 2024 disetujui semua pihak. “Sudah disetujui, berikutnya masuk proses di percetakan,” kata Yulianto.

Diketahui, KPU RI telah mendesain dan mencetak surat suara Pilpres 2024. Rencananya, pada 6-23 Desember 2023, surat suara itu akan di distribusikan secara bertahap ke tempat pemungutan suara (TPS).

Total ada tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Nomor urut 1 pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Nomor urut 3 pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Pasangan Anies-Muhaimin terlihat mengenakan setelan jas lengkap dengan peci hitam.

Sedangkan Prabowo-Gibran mengenakan kemeja biru. Lalu Ganjar mengenakan kemeja hitam dan Mahfud MD kemeja putih serta peci hitam.

Di bagian atas terdapat lambang KPU RI. Lalu di bawah gambar pasangan calon itu terdapat partai-partai politik pengusung.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Tegar
Sumber: RRI