RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Durasi Waktu Terbatas, Capres-Cawapres Harus Manfaatkan Panggung Debat

Durasi Waktu Terbatas, Capres-Cawapres Harus Manfaatkan Panggung Debat

1 Desember 2023 11:05 WIB
Durasi Waktu Terbatas, Capres-Cawapres Harus Manfaatkan Panggung Debat
Ketua KPU Pusat, Hasyim Asy’ari menerima penghargaan rekor MURI dari pendiri Muri, Jaya Suprana pada acara Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat, Senin, (27/11/2023). Hadir juga tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) masing-masing Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. (Foto: rri.co.id/Chaarly Lopulua)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan, seluruh paslon capres-cawapres Pilpres 2024 harus memanfaatkan panggung debat. Sekalipun, di tengah keterbatasan waktu durasi debat capres-cawapres yang ditayangkan di televisi.

"Intinya debat itu bagaimana pasangan calon melalui perdebatan antarcalon meyakinkan pemilih untuk memilih dirinya. Supaya siap, dalam penampilan dan durasi yang sangat singkat," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Jumat (1/12/2023).

Karena memiliki durasi waktu terbatas, Hasyim mendorong, para paslon capres-cawapres mempersiapkan diri secara matang. Terutama, dalam membahas tema-tema yang sudah ditentukan KPU pada debat capres-cawapres mendatang.

"Tetapi yang namanya tampilan di televisi durasinya terbatas. Supaya kemudian masing-masing pasangan calon tampilnya maksimal, kita persiapkan semaksimal mungkin," ucap Hasyim.

KPU mengaku, telah mengundang seluruh tim kampanye Pilpres 2024 dalam membahas debat capres-cawapres. KPU pun membeberkan, teknis tema pelaksanaan debat capres-cawapres kepada seluruh tim kampanye.

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan, tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2024 akan melakukan debat sebanyak lima kali. Pada debat pertama, tema yang diperdebatkan mulai dari persoalan hukum, HAM, hingga korupsi.

"Debat pertama, Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Debat kedua, Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional," kata Idham dalam keterangan persnya, Jumat (1/12/2023).

Debat ketiga, kata Idham, mengusung tema Ekonomi (Kerakyatan dan Digital). Mulai dari, Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

"Debat keempat, soal Energi, SDA, SMN, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyrakat Adat. Debat kelima, Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan," ucap Idham.

Diketahui, debat capres-cawapres digelar sebanyak dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024. Kemudian, satu kali pada Februari 2024.

Berikut jadwal debat capres-cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023
2. Jumat, 22 Desember 2023
3. Minggu, 7 Januari 2024
4. Minggu, 14 Januari 2024
5. Minggu, 4 Februari 2024.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI