RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Komitmen Gelar Debat Capres-Cawapres Menarik Anak Muda

KPU Komitmen Gelar Debat Capres-Cawapres Menarik Anak Muda

1 Desember 2023 10:56 WIB
KPU Komitmen Gelar Debat Capres-Cawapres Menarik Anak Muda
Komisioner KPU RI August Mellaz. (Foto: Humas KPU RI)

KBRN, Jakarta: KPU RI berkomitmen, menggelar debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang menarik untuk anak-anak muda. Terutama, kepada para pemilih pemula dan muda yang mayoritas generasi milenial dan Gen Z.

"Kita lihat profil paslon capres-cawapres, ada semacam optimisme debat berlangsung lebih menarik. Ditambah lagi, fakta generasi pemilih kita kan mengalami shifting 53 persennya kan teoritis anak-anak muda," kata Komisioner KPU August Mellaz dalam keterangan persnya, Jumat (1/12/2023).

Dalam debat capres-cawapres tersebut, Mellaz menyadari, anak-anak muda mempunyai preferensi, kebutuhan, dan kepentingan yang beda-beda. Oleh sebab itu, KPU sedang menyortir pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk para capres-cawapres.

"Apakah pertanyaannya terbuka atau tertutup itu jadi satu format tersendiri. Termasuk, ada usulan dari pihak perguruan tinggi 'bisa ngga salah satu debatnya dilaksanakan di kampus?'," ucap Mellaz.

Tentu ini, dikatakan Mellaz, KPU akan mempergunakan masukan tersebut untuk dirumuskan lebih mendalam. Dirumuskan dari tema-tema besar menjadi sub tema yang spesifik.

"Termasuk isu-isu yang paling mutakhir di setiap sub tema. misalnya lingkungan hidup apa yang spesifik disitu, apa yang paling relevan disana," ujar Mellaz.

Diketahui, debat capres-cawapres digelar sebanyak dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024. Kemudian, satu kali pada Februari 2024.

Berikut jadwal debat capres-cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023
2. Jumat, 22 Desember 2023
3. Minggu, 7 Januari 2024
4. Minggu, 14 Januari 2024
5. Minggu, 4 Februari 2024.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI