RRI

Jaga Netralitas, PGPI Undang Tiga Capres ke GBI

30 November 2023 19:25 WIB
Jaga Netralitas, PGPI Undang Tiga Capres ke GBI
Calon Presiden Anies Baswedan saat datang ke Musyawarah Besar (Mubes) PGPI IX di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023). (Foto: Ryan Suryadi/RRI)

KBRN, Jakarta: Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) mengundang ketiga Calon Presiden peserta pilpres 2024. Tepatnya ke Musyawarah Besar (Mubes) PGPI IX di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023). 

Undangan tersebut bertujuan untuk menjaga netralitas ketiga Calon Presiden tersebut. Dari undangan yang ditujukan ketiga Capres 2024, hanya Prabowo Subianto yang tidak hadir dalam acara tersebut. 

Sementara Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo datang dalam kurun waktu yang berbeda. Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo memastikan bahwa Prabowo tidak akan hadir.  

Sebab, Prabowo belum mengambil cuti setidaknya sampai satu pekan pertama kampanye Pemilu 2024. Yang dimulai sejak 28 November 2023.

"Bapak Prabowo masih belum cuti. Sehingga beliau tetap menjalankan tugasnya sebagai Menhan," kata Hashim usai menghadiri Mubes PGPI di Gereja Bethel Indonesia Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023).

Ia mengatakan tujuan datang ke Gereja Mawar Saron ini untuk memenuhi undangan. Yang ditujukan ke Prabowo sebagai Calon Presiden. 

Ketua Umum PGPI Jason Balompapueng, mengatakan gereja dan rumah ibadah agama lain dilarang memfasilitasi kampanye Capres-Cawapres Pemilu 2024. Untuk itu pihaknya mengundang ketiganya untuk menjaga netralitas. 

"Kami tetap menjaga netralitas, tidak berkampanye. Karena itu, tiga-tiganya kami undang untuk hadir dan mendapat porsi waktu sama semuanya," kata Jason.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Beri
Sumber: RRI