RRI

Ganjar Janji Cari Solusi Kebebasan Beribadah

30 November 2023 14:21 WIB
Ganjar Janji Cari Solusi Kebebasan Beribadah
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo diwawancara awak media usai menghadiri Musyawarah Besar Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023) (Foto: RRI/Ryan Suryadi).

KBRN, Jakarta: Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji mencarikan solusi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kebebasan beribadah. Salah satunya terkait izin mendirikan rumah ibadah, yang selama ini terkesan dipersulit.

Janji itu disampaikan Ganjar usai mendengar aspirasi umat Kristiani dalam musyawarah besar Persekutuan Gereja-gereja Pentakosta Indonesia. Musyawarah ini berlangsung di GBI Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (30/11/2023). 

"Yang pertama tentang kebebasan beribadah, mendirikan rumah ibadah. Tentu ini penting untuk menjadi catatan kita, kita carikan solusi," kata Ganjar. 

Menurutnya, umat beragama apapun harus terjamin, dari sisi keamanan dalam beribadah. Sebab, hal itu merupakan bagian dari pelaksanaan ideologi Indonesia, yakni Pancasila. 

"Prinsipnya harusnya dipermudah enggak boleh ada yang dipersulit. Karena sila pertama kita Ketuhanan Yang Maha Esa itu menjamin kepada kita semua untuk beribadah," ujarnya.

Ganjar menjadi Capres pertama yang diundang dalam acara PGPI tersebut. Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dijadwalkan juga hadir siang ini.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI