RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Megawati Ajak Masyarakat Ikut Memilih di Pemilu 2024

Megawati Ajak Masyarakat Ikut Memilih di Pemilu 2024

27 November 2023 22:20 WIB
Megawati Ajak Masyarakat Ikut Memilih di Pemilu 2024
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberikan pidato untuk pembekalan bagi relawan di acara Rakornas relawan se-Jawa di Jakarta, senin (27/11/2023). Rakornas yang dihadiri sekitar delapan ribu orang relawan dari 2.500 organ relawan di pulau Jawa tersebut bertajuk Soliditas dan Militansi Relawan untuk Pemenangan Ganjar-Mahfud dalam rangka menyiapkan strategi kampanye untuk pemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 tersebut pada kontestasi politik Pemilu 2024 (Foto: ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/nz)

KBRN, Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat menggunakan hak pilih. Sehingga tidak menjadi golongan putih (Golput) di Pemilu 2024 mendatang. 

“Katakan pada rakyat dengan suara lantang, jangan golput dan jangan tidak memilih. Kalau tidak memilih maka artinya dia abstain,” kata Presiden Indonesia ke-5 tersebut saat sambutan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) relawan Ganjar-Mahfud MD di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). 

Menurut Megawati, masyarakat yang tidak memilih sama saja dengan menyia-nyiakan haknya untuk memilih pemimpin masa depan. Ia berharap seluruh pendukung Ganjar-Mahfud untuk menggerakan suaranya untuk memilih. 

“Saya sadar pendukung Ganjar-Mahfud berada di beberapa wilayah Pulau Jawa. Dengan basis pendukung yang cukup tersebut, saya berharap Ganjar-Mahfud bisa menang di wilayah tersebut,” ujarnya. 

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024. Yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Untuk masa kampanye KPU RI menetapkan mulai Selasa 28 November 2023 hingga 10 Febuari 2024. Sementara, pemungutan suara dijadwalkn pada 14 Febuari 2024. 

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Cecep
Sumber: RRI