RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Rakornas Gakkumdu Ingin Tingkatkan Soliditas Penegakan Hukum Pemilu

Rakornas Gakkumdu Ingin Tingkatkan Soliditas Penegakan Hukum Pemilu

27 November 2023 11:19 WIB
Rakornas Gakkumdu Ingin Tingkatkan Soliditas Penegakan Hukum Pemilu
Para tamu undangan yang hadir di acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2024, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (27/11/2023) pagi. Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, Rakornas Sentra Gakkumdu Pemilu 2024 dalam rangka meningkatkan soliditas. (Foto: YouTube Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan, Rakornas Sentra Gakkumdu Pemilu 2024 dalam rangka meningkatkan soliditas. Tidak hanya soliditas, acara tersebut juga menyamakan pemahaman persepsi dalam sebuah penegakan hukum pemilu dalam mewujudkan keadilan pemilu.

"Izin bacakan pantun, 'Bunga Mawar Bunga Melati, Bentuknya Indah Memikat Hati'. 'Kalau Gakkumdu Sudah Bersinergi, Pelanggaran Pemilu Siap Ditangani'," kata Bagja dalam sambutannya di acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2024, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (27/11/2023) pagi.

Bagja mengungkapkan, Pemilu 2024 ini merupakan jadi gelaran keempat dari pemilu sebelumnya. Gakkumdu telah berkoordinasi, menyamakan pemahaman, dan dilaksanakan ditingkat pusat sampai kabupaten/kota, provinsi.

"Pelatihan kepada seluruh penyidik yang tergabung ke dalam sentra Gakkumdu, pemenuhan sarana dan prasarana. Sosialisasi Pertaturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 3, sampai pelatihan Panwas luar negeri telah dilakukan oleh Sentra Gakkumdu," ucap Bagja.

Kemudian, Bagja membeberkan, perkembangan pengawasan di daerah sampai 2023 ini. Sentra Gakkumdu telah melakukan penanganan pemilu di tahapan pemuktahiran data pemilih dan sampai pencalonan capres-cawapres Pilpres 2024.

"Kiranya, tanggal 28 November adalah (masa) kampanye. Kami mempersilahkan kepada peserta pemilu untuk kampanye seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya," ujar Bagja.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak dapat menghadiri acara Rakornas Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilu 2024. Acara rakornas itu, dilakukan Bawaslu RI, di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (27/11/2023) pagi.

Dari pantauan RRI.co.id, tamu undangan yang hadir dalam Rakornas Gakkumdu Pemilu 2024 itu, tiga paslon capres-cawapres Pilpres 2024. Mereka adalah, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Selain tiga paslon capres-cawapres, dalam acara itu hadir jajaran Bawaslu pusat, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto. Kemudian, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung yang diwakilkan, Ketua Ombudsman Muhammad Naji, Ketua KPI Ubaidillah.

Kabareskrim Polri Wahyu Widada, pihak Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, Kemenkopolhukam, Kemendagri. Kemudian, Kementerian Agama, KASN, KPK, dan Komisi Yudisial. 

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI