RRI

Wapres Harapkan WNI di Slovakia Tidak Golput

27 November 2023 09:29 WIB
Wapres Harapkan WNI di Slovakia Tidak Golput
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin (kiri) dan Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi (kanan) memberikan keterangan di sela kunjungan kerja Wapres di Bratislava, Slovakia, Sabtu (26/11/2023) waktu setempat. (Foto: ANTARA/Indra Arief Pribadi)

KBRN, Jakarta: Wapres RI Ma'ruf Amin menyoroti, tingkat partisipasi WNI di Slovakia pada pemilu sebelumnya mencapai 60 persen. Wapres berharap, WNI di Slovakia tidak ada yang golongan putih (golput) pada Pemilu 2024 mendatang.

Wapres mengharapkan, partisipasi WNI di Slovakia pada Pemilu 2024 mencapai 90 persen. Data 60 persen partisipasi WNI tersebut, didapatkan Wapres dari informasi Dubes RI untuk Slovakia Pribadi Sutiono.

“Kalau sekarang kalau bisa 90 persen (tingkat partisipasi), walaupun di luar negeri, kita tetap memilih pemimpin kita. Jadi, jangan ‘saya tidak memilih’, apapun yang dipilih artinya kita partisipasi, itu penting saya kira,” kata Wapres seperti dikutip Antara dalam keterangan persnya saat mengunjungi Slovakia, Minggu (26/11/2023).

Wapres menegaskan, para pemilih di luar negeri jika golput akan merugi. Karena, tidak memilih calon pemimpin bangsa yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan.

Kemudian, Wapres mendorong, Dubes Pribadi Sutiono menjaga pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan baik, jujur, dan adil. Petugas penyelenggara pemilu, kata Wapres, harus netral.

“Meminta dukungan dan partisipasi semua pihak untuk menyukseskan agenda demokrasi lima tahunan ini. Agar berjalan dengan damai, jujur, tertib dan adil,” ucap Wapres.

Lanjutnya, Wapres menilai, keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui proses demokrasi akan menjadi tahapan penting. "Dalam transisi menuju Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," ujar Wapres.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI