RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Legislator Sebut Sukseskan Pemilu Merupakan Pengamalan Pancasila

Legislator Sebut Sukseskan Pemilu Merupakan Pengamalan Pancasila

24 November 2023 22:10 WIB
Legislator Sebut Sukseskan Pemilu Merupakan Pengamalan Pancasila
Anggota MPR RI Siti Mukaromah saat berbicara dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Banyumas, Jawa Timur, Jumat (24/11/2023) (Foto: Istimewa).

KBRN, Banyumas: Legislator yang juga Anggota MPR RI Siti Mukaromah menyebut, berperan serta dalam Pemilu merupakan pengamalan Pancasila. Ia pun mengajak masyarakat menggunakan hak untuk memilih calon anggota legislatif, dan Capres-Cawapres di Pemilu 2024.

"Keikutsertaan masyarakat dalam Pemilu merupakan keharusan, sebagai bagian dari pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila. Pastikan terdaftar sebagai Pemilih, dan pastikan mengikuti setiap tahapan Pemilu," kata Erma, sapaan akrabnya, saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (24/11/2023). 

Pelaksanaan Pemilu sendiri, lanjutnya, merupakan pengamalan sila keempat Pancasila. "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan," ujarnya melafalkan butir Pancasila. 

Ia menekankan, wakil rakyat yang dipilih nantinya menjadi bagian dari penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat. "Di sinilah perlunya wakil rakyat yang amanah, mengemban apa yang menjadi aspirasi masyarakat," ucap Erma. 

Erma menjelaskan, Pemilu juga merupakan momentum pemersatu Bangsa Indonesia, agar perbedaan-perbedaan pilihan tidak menimbulkan pertentangan. "Tapi menjadi bagian dari kebhinnekaan Indonesia yang pada akhirnya akan mewujudkan persatuan dan kesatuan untuk keutuhan NKRI," katanya. 

Pewarta: Bunaiya
Editor: Allan
Sumber: RRI