RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Dorong Masyarakat Jadi Aktor Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Dorong Masyarakat Jadi Aktor Pengawasan Pemilu 2024

19 November 2023 11:17 WIB
Bawaslu Dorong Masyarakat Jadi Aktor Pengawasan Pemilu 2024
Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty. Ia mendorong, masyarakat Indonesia menjadi aktor dalam mengawasi Pemilu 2024, terutama di lingkungan terdektnya. (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Bawaslu RI mendorong, masyarakat Indonesia menjadi aktor dalam mengawasi Pemilu 2024. Minimal, masyarakat dinilai mampu menjadi pengawas di lingkungan keluarga dan sekitar.

"Dalam melihat pemilu, semua orang harus hadir sebagai aktor sesuai peran masing-masing. Masyarakat sangat bisa menjadi aktor, tak hanya sebagai pemilih tapi bisa sebagai pengawas secara mandiri," kata Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam keterangan persnya, Minggu (19/11/2023).

Lolly menegaskan, Pemilu 2024 bukan hanya milik KPU, Bawaslu, dan DKPP semata. Karena, semua suara sama hukum dalam aturan UU Pemilu, yakni nilainya satu.

"Penting dipahami, pemilu adalah ajang legal merebut kekuasaan dan dijamin konstitusi untuk pergantian kepemimpinan. Itu tak lepas dari akar Budaya Indonesia," ucap Lolly.

Oleh sebab itu, Lolly menekankan, budaya demokrasi di Indonesia harus dipertahankan masyarakat. "Jadi jangan lupa, dalam demokrasi kita punya nilai budaya yang harus dilihat," ujar Lolly.

Diberitakan sebelumnya, Bawaslu merasa was-was, pasca penetapan dan nomor urut capres-cawapres Pilpres 2024. Karena, potensi pelanggaran pemilu sangat rawan terjadi di masyarakat.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI