RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Capres-Cawapres, Salah Satu Tema Tentang Lingkungan Hidup

Debat Capres-Cawapres, Salah Satu Tema Tentang Lingkungan Hidup

19 November 2023 09:24 WIB
Debat Capres-Cawapres, Salah Satu Tema Tentang Lingkungan Hidup
Komisioner KPU RI Idham Holik. Ia menyebut salah satu tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang bakal diusung lembaganya adalah soal lingkungan hidup (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: KPU RI mengatakan, isu atau tema debat capres-cawapres Pilpres 2024 yang bakal diusung lembaganya adalah soal lingkungan hidup. Tema debat capres-cawapres tersebut tertuan di dalam pedoman teknis kampanye yang dirancang KPU.

"Salah satu tema, itu yang akan diangkat (isu lingkungan hidup). Tema debat itu dituangkan di pedoman teknis kampanye dan tentunya KPU juga memperhatikan isu isu strategis yang berkembang," kata Komisioner KPU Idham Holik dalam keterangan persnya, Minggu (19/11/2023).

Isu-isu yang berkembang itu, Idham menegaskan, diangkat KPU untuk tujuan pembangunan Indonesia ke depannya. Prinsip secara resmi, KPU berjanji akan menyampaikan kepada publik.

"Yang jelas debat diselenggarakan selama lima kali sesuai dengan peraturan yang termaktub di dalam Undang-Undang Pemilu. Selanjutnya, pada 27 November 2023, KPU menyelenggarakan deklarasi pemilu damai pada siang hari," ucap Idham.

Kemudian, Idham tidak menampik, kalau debat capres-cawapres bakal dilakukan juga di luar kota. Sampai detik ini, KPU masih merancang acara debat capres-cawapres Pilpres 2024 untuk bisa dinikmati masyarakat.

"Kebutuhan dalam pembangunan bangsa, ya nanti semua, ini kan belum bisa dibuka. Kalau itu belum dituangkan secara resmi, ini berkaitan dengan etika komunikasi publik," ujar Idham.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI